Sharing Session: Sekolah Kewirausahaan SV UGM hadirkan owner Fajar Montana Group

SEKOLAH KEWIRAUSAHAAN

Sabtu (6/6), Sekolah Kewirausahaan kali ini menghadirkan Fajar Handika pemenang II WMM 2010 Kategori Mahasiswa Pascasarjana dan Alumni Bidang Usaha Boga dan sekaligus owner Fajar Montana Group (FMG), yang bergerak di bisnis FoodFezt, Kopi Oey Jogja, Michigo, dan makandiantar.com.

“ketika menjadi mahasiswa, saya pernah nyambi sebagai penjaga warung internet dan menjadi web designer, itu mungkin awal saya belajar mencari uang dan belajar bisnis” ujar Fajar alumni Fakultas MIPA dan MM FEB UGM di hadapan peserta Sekolah Kewirausahaan.

Dalam paparannya, fajar menyampaikan suka dan duka dalam menjalankan usahanya, namun saat ini fajar sedang menikmati bisnis online-nya yaitu makandiantar.com yang notabene dianggap sebagai bisnis yang efisien karena tidak memerlukan sewa tempat yang mahal, mengingat di Jogja sewa tanah/bangunan cukup mahal sekali.
Pada sesi selanjutnya, Rini Yuliastanti dari Mandiri University memaparkan materi tentang sukses melakukan networking.

“Networking ini penting bagi kita karena networking adalah cara untuk mendapatkan pekerjaan atau bisnis. Untuk itu, kita harus mempelajarinya agar update terhadap situasi pasar, proposal yang kita usulkan dapat disetujui, mampu mengatasi hambatan jika tidak berjalan sesuai dengan semestinya, dan tahu cara jualan produkm,” ujar Rini.

Untuk melakukan networking, ada beberapa tips yang diberikan Rini, yaitu 1. Membuat perencanaan, 2. Menyusun persiapan, 3. Memperkenalkan diri, 4. Mengajak berbicara, 5. Menutup pembicaraan, 6. Dan menindaklanjuti.
Workshop kali ini merupakan serangkaian dari enam workshop yang telah dilaksanakan sebelumnya dan selanjutnya kelompok-kelompok peserta Sekolah Kewirausahaan akan diberi pendampingan berdasarkan kelompok sesuai minat bisnisnya. Selanjutnya workshop tentang networking ditutup oleh Faiz Zamzami selaku ketua pelaksana Sekolah Kewirausahaan.