Tim Pengabdian Masyarakat SV UGM Gelar Pelatihan Bisnis untuk Wirausaha Muda UMKM di Kabupaten Kulon Progo

ppm 1Senin (9/6), Wakil Direktur Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerja sama SV UGM, Maun Budiyanto,S.T.,M.T., didampingi Ir. F. Eko Wismo Winarto, M.Sc., Ph.D., selaku ketua tim PPM SV UGM beserta dengan tim PPM yang terdiri dari dosen SV UGM, mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kulon progo.

Tiga diantaranya dari anggota tim ppm SV UGM yang juga merupakan dosen di SV UGM mengadakan pelatihan yang ditujukan untuk masyarakat umum dan wirausaha muda serta pelaku UMKM di Kabupaten Kulon Progo.

Drs. Herman Legowo, M.Si.,AK., mengambil judul “Pelatihan Penyusunan Business Plan dan Implementasinya Bagi Wirausaha Muda UMKM Di Kabupaten Kulon Progo”. Menurut Herman, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah agar dapat memberikan pengetahuan kepada kelompok wirausaha muda UMKM di Kabupaten Kulon Progo pada khususnya dalam membuat business plan. Selain itu, Herman juga menegaskan bahwa dengan pelatihan ini, dapat memotivasi wirausaha muda UMKM agar menjadi pengusaha yang beretika.

Sementara itu, Paramita Her Astuti, SE.,M.Sc., mengambil judul “Pelatihan Strategi Branding, Pengemasan dan Pelabelan Produk Guna Meningkatkan Nilai Jual Usaha”. Menurut Paramita, permasalahan yang hendak diselesaikan dalam pengabdian pada masyarakat ini adalah bagaimana produk-produk kreasi UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kulon Progo lebih dikenal konsumen dan dapat meningkatkan nilai jua produk.

“Pelatihan branding, labeling, dan pengemasan produk merupakan salah satu solusi untuk permasalahan yang dirumuskan,” ujar Paramita.

“Penguatan Kesadaran Masyarakat dan UMKM Atas Produk Halal dan Sertifikasi Halal di Wilayah Kulon Progo” juga dipilih Ihda Arifin Faiz, SE.,M.Sc., sebagai judul proposal Pengabdian Masyaralat. Ihda menyampaikan bahwa dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberi manfaat berupa peningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat di Wilayah Kulon Progo atas produk halal dan Sertifikasi Halal.