Mahasiswa DBSMB Kembangkan Fabric Activity Book (FAB), Inovasi Mainan Anak-Anak Berdasarkan Kebutuhan Belajar dan Usianya

Yogyakarta, Saat ini, belum banyak mainan di pasaran yang sesuai dengan kebutuhan usia anak-anak. Kebutuhan mainan bagi anak-anak usia satu tahun dan anak-anak usia tiga tahun jelaslah berbeda. Padahal mainan yang sesuai dengan kebutuhan usia anak akan membantu perkembangan seluruh aspek baik secara fisik, kognitif maupun emosi. Selain itu, mainan dapat memengaruhi perkembangan fisik, kreativitas, pengetahuan, tingkah laku sosial, dan nilai moral anak.

“Pemberian mainan yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisa saja menghambat perkembangan anak, apalagi perkembangan di usia emas. Melihat kondisi yang seperti ini, tim kami membuat sebuah produk mainan yang sesuai kebutuhan usia anak yang diberi nama Fabric Activity Book (FAB),” tutur Buyung Luhur Pambudi, mahasiswa Bahasa Prancis dalam keterangan tertulisnya kepada Humas DBSMB.

Buyung melanjutkan, Fabric Activity Book (FAB) yang dia kembangkan bersama dua rekannya Herlinda Aprianti, mahasiswa Bahasa Inggris DBSMB dan Adi Wahyu Saputra, mahasiswa Akuntansi FEB UGM yang lolos didanai Program Kreativitas Mahasiswa bidang kewirausahaan ini, merupakan mainan anak-anak berbentuk buku yang terbuat dari kain flannel. Mainan ini memiliki konsep sesuai kebutuhan anak, praktis, berkualitas, dan aman. Sesuai kebutuhan usia anak berguna untuk memberikan stimulus pada otak, sehingga anak dapat membantu meningkatkan segala aspek pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Mainan ini praktis dengan berbentuk buku supaya tidak berceceran dan mudah dibawa kemana saja. Berkualitas dikarenakan pembuatannya secara homemade, sehingga bentuk potongan kain dan jahitan sangat diperhatikan secara detail. Terakhir, aman dikarenakan terbuat dari kain,” lanjutnya.

Ditanya kelebihan produk ini dibandingkan produk yang menjadi kompetitornya di pasaran, Buyung melanjutkan bahwa Fabric Activity Book yang merupakan mainan anak-anak sesuai usianya memiliki keunggulan. Di mainan ini terdapat buku dan dilengkapi dengan tas yang berguna untuk membawa buku dan mencegah buku supaya tidak mudah kotor. Terdapat sembilan halaman dengan aktivitas yang berbeda. Pembeli bisa memilih sendiri aktivitas-aktvitas yang sesuai dengan usia buah hatinya.

“Pada halaman sampul, pembeli bisa memesan tema sesuai keinginan dan dilengkapi dengan nama buah hatinya. Selain itu, dilengkapi penjepit yang mudah untuk dibuka, berguna untuk memindahkan halaman-halaman. Hal ini berguna untuk mengurutkan aktivitas yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Mainan ini juga dilengkapi dengan katalog tentang aktivitasnya. Katalog berguna untuk membantu orang tua tentang tata cara penggunaan dan manfaat-manfaat yang diperoleh. Katalog diperinci per halaman, sehingga orang tua mudah memahami maksud dari aktivitas tersebut. Dari sisi bahan, Fabric Activity Book terbuat dari kain flannel. Kain ini bisa dicuci jika dirasa perlu,” jelasnya.

Buyung menjelaskan untuk melaksankan PKM yang merupakan hibah dari Belmawa Kemenristekdikti ini, timnya memproduksi Fabric Activity Book sebanyak 100 buah per periodenya untuk dipasarkan kepada semua pihak. Selain itu, untuk stategi pemasarannya dipilih melalui mitra-mitra yang telah kerja sama seperti toko perlengkapan bayi, TK, dan PAUD. Mitra tersebut akan terus diperluas.

Ditanya harga julanya, Buyung menjelaskan bahwa Produk Fabric Activity Book dibanderol dengan harga yang ekonomis dan terjangkau sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan oleh konsumen yakni 200 ribu berbuku. Jika ada yang berminat bisa menghubungi langsung menghubungi kontak person Buyung di 082231908190 atau melalui instagram Fabric Activity Book di @fabricaktivitybook.