24 Tim PKM Sekolah Vokasi UGM Siapkan Diri Menuju PIMNAS 2018

Yogyakarta, Program Kreativitas Mahasiswa 2018 yang diadakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menuju tahap Monitoring dan Evaluasi (Monev). Kali ini, Sekolah Vokasi mengadakan kegiatan Monev Internal bagi 24 tim PKM 2018 yang lolos didanai DIKTI. Kegiatan yang bertempat di Rumah Budaya Tembi Bantul ini dilaksanakan pada tanggal 26-27 Mei 2018.

Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (semula Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti), Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Ristek Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di Perguruan Tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau professional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

PKM terdiri atas lima jenis, yaitu PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Teknologi (PKM-T), PKM Penelitian (PKM-P), PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT). Tahapan PKM 5 bidang (PKM-P, PKM-K, PKM-M, PKM-T, PKM-KC) dibagi menjadi lima kegiatan, yaitu pengusulan, deskevaluasi dan penetapan proposal yang didanai, pelaksanaan dan pelaporan, monitoring dan evaluasi, dan PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional). Sedangkan untuk tahapan 2 PKM lainnya (PKM-AI dan PKM-GT) dibagi menjadi dua tahap, yaitu pengusulan dan deskevaluasi dan penetapan proposal yang mendapatkan insentif.

Rangkaian kegiatan yang melibatkan mahasiswa Penalaran Center Community (PCC) ini di buka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Agus Nugroho, S.T., M.T. Dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan poster oleh Endro dari ISI Yogyakarta, pelatihan public speaking oleh Manager Pengembangan Mahasiswa Sekolah Vokasi Fitri Damyanti Berutu, S.E, S.S., M.Sc. Sore hari acara dilanjutkan pengajian buka bersama oleh seluruh peserta beserta dosen pendamping PKM. Untuk meutup hari pertama, diadakan sesi pendampingan Monev oleh PCC dan Alumni perwakilan Sekolah Vokasi yang maju ke PIMNAS.

Di hari terakhir Monev diadakan penjurian untuk melihat kesiapan para peserta sebelum menghadapi Monev yang sesungguhnya. Di sesi ini, menghadirkan dosen-dosen pembimbing PKM yang telah sukses mengantarkan mahasiswa-mahasiswa UGM menjuarai ajang PIMNAS. Tahapan Monev internal diselenggarakan dengan tujuan untuk memonitor dan mengevaluasi perkembangan yang dilakukan oleh mahasiswa peserta PKM setelah proposal PKM yang mereka ajukan dinyatakan lolos dan di danai.