Siapkan Pelayanan Prima, SDM SV UGM Adakan Hibah Inovasi Kreatif dan Simulasi TPA untuk Tendik KPTU SV

Yogyakarta – Setelah melalui serangkaian tahapan seleksi, sebanyak 25 tim pengusul hibah inovasi berhasil masuk ke tahap presentasi Hibah Inovasi Kreatif Tenaga Kependidikan SV UGM tahun 2018. Bertempat di R. 138 Gedung SV presentasi dimulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB dengan tiga reviewer terdiri dari dosen SV UGM. Pada saat presentasi, peserta diminta untuk menyampaikan rancangan inovasi yang akan dikembangkan untuk mendukung layanan tridharma Perguruan Tinggi.

Program ini diselenggarakan setiap tahun sekali dengan rancangan pengembangan inovasinya yang bisa dimanfaatkan untuk uji materi penerapannya di lingkungan SV UGM. Program ini diharapkan tidak berhenti sampai pelaporan saja, tetapi setelahnya ada proses uji materi kemungkinan penerapannya di unit-unit kerja di SV UGM. Program Hibah Inovasi Kreatif Tendik tahun 2018 ini mengutamakan inovasi layanan yang berbasis teknologi informasi.

 Program Hibah Inovasi Kreatif bagi Tenaga Kependidikan diluncurkan  Unit Sumber Daya Manusia SV UGM dalam rangka memotivasi dan meningkatkan peran tenaga kependidikan dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas layanan administrasi di lingkungan SV UGM. Setelah tahap presentasi, nantinya 13 usulan inovasi dinyatakan berhasil meraih hibah.

Tahap implementasi dan monitoring akan dilaksanakan selama Bulan Juli sampai dengan Bulan September 2018. Pada tahap akhir program, pemenang diwajibkan mempresentasikan laporan akhir hasil implementasi inovasi. Untuk menjaga keberlanjutan sistem dan kemanfaatan sistem yang dibangun, direncanakan pada tahun 2019 dapat diadopsi dan dapat dipergunakan untuk meningkatkan kinerja dan layanan unit kerja di lingkungan SV UGM.

Selain upaya Hibah Inovasi Kreatif, unit SDM mengupayakan pelatihan simulasi Tes Potensi Akademik (TPA) untuk tenaga kependidikan (tendik) lingkungan KPTU. Rangkaian kegiatan ini dilakukan untuk memetakan potensi tendik dan dilakukan selama dua hari berturut (25-26/5). Acara yang bertempat di ruang silver VDC SV ini dipimpin oleh Amartha Sophia, S. Psi selaku tendik bidang career di VDC SV UGM.