POLT (Power Life Time): Power Bank dengan Sistem Multi Charging Architecture dan Fitur Fast Charging

Yogyakarta, Berdasarkan laporan e-Marketer, pengguna aktif smartphone di Indonesia tumbuh dari 55 juta orang pada tahun 2015 menjadi 100 juta orang tahun 2018. Peningkatan pengguna smartphone di Indonesia berbanding lurus dengan peningkatan penggunaan power bank sebagai penyimpan daya. Sayangnya, power bank konvensional tidak ramah lingkungan karena baterainya menggunakan Lithium, daya power bank cepat habis, pengisian daya memakan waktu yang lama dan tidak fleksibel karena tergantung keberadaan sumber daya listrik untuk mengisi ulang daya power bank. Bermula dari permasalahan tersebut, tim PKM-KC yang diketuai Eki Bagas Candra Wardhana (Teknik Elektro SV) serta beranggotakan Afifah Ainun Mardiyah (Teknik Fisika) dan Wida Reza Hardiyanti (Ilmu Ekonomi) menciptakan suatu inovasi berupa “POLT” (power life time) yaitu power bank yang memanfaatkan energi yang jumlahnya melimpah disekitar kita (energy harvesting) dengan sistem multi charging architecture yaitu mengubah energi sinar matahari, gerakan, dan tekanan untuk dikonversi menjadi listrik dan dilengkapi fitur fast charging.

Power bank menggunakan piezoelectric untuk mengonversi tekanan menjadi listrik, kinetic dengan Halbach Array untuk mengubah gerakan menjadi listrik, dan solar cell untuk mengonversi sinar matahari menjadi istrik. Daya yang dihasilkan kemudian dialirkan menuju superkapasitor sehingga mampu mengisi daya dengan cepat (fast charging). POLT lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan baterai Lithium yang mengandung merkuri. Selain itu, juga lebih hemat daya karena tidak tergantung pada penggunaan listrik PLN. POLT juga dilengkapi fitur fast charging sehingga mampu mengisi daya lebih cepat dibandingkan power bank konvensional. Berdasarkan hasil uji coba, meletakkan power bank “POLT” selama 1 jam dibawah sinar matahari dapat mengisi daya smartphone selama 1.5 jam. Sementara itu, berlari selama 30 menit atau berjalan 10.000 langkah sambil membawa power bank “POLT” akan menghasilkan daya yang mampu digunakan mengisi daya smartphone selama 1.5 jam. Berikut adalah foto dokumentasi uji coba POLT:

Lebih jauh, POLT merupakan salah satu inovasi berupa power bank yang memiliki keunggulan dibandingkan power bank konvensional karena mampu memanfaatkan energi yang jumlahnya melimpah disekitar kita untuk diubah menjadi listrik (power harvesting) dan dapat mengisi daya smartphone dengan waktu yang lebih cepat (fast charging). POLT dapat menjadi solusi atas permasalahan kelangkaan listrik.

POLT dapat digunakan di kaki dan lengan serta mampu mengisi daya HP