Dalam rangka HUT ke-6, kali ini MAPALGA Gelar Acara Konservasi Alam

Mahasiswa Pencinta Alam Diploma III Pengelolaan Hutan (MAPALGA) merayakan hari ulang tahun yang ke – 6. Dalam perayaannya MAPALGA  mengadakan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya Orienteering serta Penanaman dan Susur Sungai. Kedua kegiatan ini dilakukan dalam waktu yang berbeda. Berbeda dengan tahun lalu, Orienteering yang diadakan MAPALGA tahun ini mengusung tema persaudaraan dengan judul ORASI (Orienteering For A Friendship). Kegiatan yang diadakan di kawasan UGM raya pada hari Sabtu (08/09/2018) ini diikuti oleh peserta lintas program studi di Departemen Teknologi Hayati dan Verteriner (THV) ini harapannya dapat merekatkan hubungan ketiga program studi dalam satu Departemen THV.

Menurut ketua panitia, Gilang Siswo Jati mengatakan “kegiatan ini diharapakan mampu menjadi salah satu ajang silaturahmi antar program studi di Departemen Teknologi Hayati dan Verteriner, terlebih lagi dalam acara ini juga terdapat peserta dari mahasiswa baru sehingga mendapatkan wadah untuk saling mengenal kawan satu departemennya”.

            Tak hanya mengadakan Orienteering, MAPALGA juga mengadakan konservasi alam berupa penanaman yang dilakukan di Sempadan Sungai Krasak, Merdikorejo, Tempel, Sleman. Kegiatan yang dilakukan pada hari Sabtu (15/09/2018) ini bekerjasama dengan Pemuda Dusun Kuwukan, Merdikorejo, Tempel, Sleman dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung Serayu Opak Progo serta Omah Noto Plankton. Pada kegiatan ini MAPALGA menanam 35 pohon jenis Mahoni (Swietenia macrophylla) dan 35 jenis Trembesi (Samanea saman). Turut serta hadir dalam kegiatan ini, Ketua Program Studi Pengelolaan Hutan Wiyono T. Putro S.Hut, M. Sc dalam sambutannya menyampaikan “Harapannya MAPALGA selalu memberikan warna dalam dunia kemapalaan dengan basicnya sebagai mahasiswa kehutanan yang mana kegiatannya tidak hanya rekreasi menjelajah alam namun juga melakukan konservasi alam seperti penanaman maupun konservasi satwa”.

Kegiatan penanaman ini melibatakan 35 mahasiswa aktif Diploma III Pengelolaan Hutan dan juga perwakilan organisasi yang ada di Departemen Teknologi Hayati dan Veteriner.

(MAPALGA/Sidik; Foto: Sidik)