SV UGM Selenggarakan Workshop Penulisan Artikel untuk Dosen

Solo — Sekolah Vokasi UGM melaksanakan ‘Workshop Penulisan Artikel pada Jurnal Internasional Bereputasi’ di Hotel Sala View, Solo, pada 7-9 Desember 2018. Workshop ini diikuti oleh 16 dosen Sekolah Vokasi UGM dari berbagai Departemen  yang telah memiliki draft artikel yang siap publikasi. Wakil Dekan III Dr. Silvi Nur Oktalina menjelaskan, workshop ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan jumlah publikasi Sekolah Vokasi di mata internasional.

Rangkaian workshop ini dimulai dengan materi tentang ‘Strategi Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi’. Prof. Dr. Ahmad Maryudi, S.Hut., M.For. selaku pemateri menjelaskan tentang (i) memilih jurnal yang tepat, (ii) mempersiapkan manuskrip, (iii) memproses artikel ke jurnal, hingga (iv) menghadapi reviewer & editor.

“Minimal bacalah dulu 30 jurnal, sebagai bekal menulis,” terang beliau yang kemudian ditanggapi hangat oleh para peserta, menghasilkan diskusi yang panjang terkait penulisan artikel.

Materi kedua diselenggarakan pada Sabtu (8/12) pagi oleh Dr. MUslim Mahardika, S.T., M.Sc. Beliau memberikan pandangan tentang ‘Kiat Menulis Artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional Bereputasi’. Beliau membuka dengan mengingatkan pentingnya menulis bagi kemaslahatan umat.

“Kalau kita menulis, 50 tahun-100 tahun lagi tulisan kita masih bisa dibaca dan memberi manfaat. Berbeda kalau hanya aktif di social media; suatu saat data kita bisa terhapus dan tidak meninggalkan apa-apa tentang kita,” ujar beliau.

Workshop kemudian dilanjutkan dengan kegiatan mandiri berupa penyelesaian draft artikel para peserta. Dalam sesi ini, para peserta didampingi oleh Dr. I Wayan Mustika, S.T., M.Eng. dan tim Bahasa Inggris untuk mendampingi dalam proof reading. Selama sesi ini berlangsung, para dosen dipersilakan untuk bertanya dan berdiskusi dengan Dr. Wayan. Beliau memberikan masukan secara individual kepada masing-masing dosen yang berkonsultasi terkait artikelnya.

Workshop ditutup secara resmi pada Minggu (9/12) siang oleh Dr. Silvi.

“Workshop ini ke depannya akan menjadi agenda rutin bagi dosen SV UGM. Terutama bagi Bapak/Ibu yang sudah mengikuti workshop batch 1 ini, kami akan terus trace untuk progress kesiapan artikel Bapak/Ibu,” terang beliau.