Pelepasan Mahasiswa Pertukaran Pelajar dari Jepang

(27/12) Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya Sekolah Vokasi UGM melepas mahasiswi dari Soka University Japan, Arisa Yamaguchi, untuk kembali ke negaranya setelah menyelesaikan satu semester belajar di Program Studi Bahasa Inggris dan mengajar di Program Studi Bahasa Jepang. Pelepasan tersebut dilaksanakan di SV203, mengundang Ketua DBSMB, dosen Prodi Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang, serta perwakilan mahasiswa dari Prodi Jepang.

Dr. Endang Soelistiyowati selaku Ketua DBSMB menyampaikan rasa bahagia untuk mengenal Arisa dan melihat mahasiswi tersebut mampu bergaul dengan orang-orang sekitar.
“We are so happy to get to know you and see you get along with people here.”

Selanjutnya, masing-masing dosen memberikan kesan dan pesan terhadap Arisa selama programnya di Sekolah Vokasi UGM. (Merry Kharismawati, M.A.) selaku supervisor dari Prodi Bahasa Jepang mengucapkan terima kasih karena Arisa telah banyak membantu mendampingi para dosen saat mengajar, terutama di kelas Berbicara. Hal tersebut membuat para mahasiswa semakin percaya diri karena telah mengalami komunikasi langsung dengan native.

Arisa tergabung dalam International Short Course Program. Program ini berlangsung selama satu semester di mana mahasiswa mengambil beberapa mata kuliah di Prodi Bahasa Inggris sekaligus mendampingi dosen dalam mengajar beberapa mata kuliah di Prodi Bahasa Jepang. Tujuan dari program ini selain untuk meningkatkan leadership pesertanya, juga untuk meningkatkan wawasan global bagi mahasiswa Sekolah Vokasi UGM. Sebelum mengikuti program ini, Arisa dan lima mahasiswa dari Soka University telah terlebih dahulu melakukan program ALA WASH! dengan enam mahasiswa Prodi Bahasa Inggris yakni Nidaa Irbah SR, Salwa Shabria W, Zahra Attaya F, Siti Aqidatul Izza, Ika Septiani, dan Erditya Singgih. Program tersebut berjalan dua term yakni pada bulan Februari dan September 2018.