MoA antara Sekolah Vokasi UGM dan Asia University, Taiwan Resmi Ditandatangani

Setelah menunggu proses perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Gadjah Mada dan Asia University Taiwan, sebagai tindak lanjut dari kunjungan delegasi Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya (DBSMB) ke Asia Unviersity pada bulan Oktober tahun lalu, pada Selasa (8/1) kemarin bertempat di Ruang Sidang SV 138 ditandatangani Memorandum of Agreement antara Sekolah Vokasi UGM dengan International College, Asia Univeristy Taiwan. Penandatanganan dilakukan oleh Dekan Sekolah Vokasi UGM, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. dan Prof. Yinghuei Chen, Ph.D. selaku Dekan International College Asia University Taiwan.

Dalam kesempatan tersebut Dekan didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Humas dan Urusan Internasional,  Manajer Humas Sekolah Vokasi, Ketua DBSMB, dan Manajer Unit Kerjasama, Alumni dan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat DBSMB menandatangani tiga MoA sekaligus. Ketiga MoA yang ditandatangani tersebut terkait kerjasama Summer Course dan Top Up Degree 3+1/3+1+1 untuk mahasiswa, serta bridging program untuk persiapan Ph.D bagi dosen Sekolah Vokasi.

“Kami tidak ingin MoA ini hanya menjadi sleeping MoA,” tutur Dekan Sekolah Vokasi dalam sambutannya. “Kami dalam waktu dekat akan berkunjung ke beberapa kampus di Taiwan dan Asia Unviersity tentu akan menjadi top list kunjungan kita. Kita akan berkunjung balik, tambah Dekan.

Prof. Yinghuei Chen, Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa akhirnya setelah menunggu lama perpanjangan MoU dengan UGM yang dibuat sejak 2004, akhirnya bisa diperpanjang dan bisa menjalin kerjasama dengan UGM dalam program yang lebih kongkrit. “Kami memiliki banyak program yang bisa dimanfaatkan oleh Sekolah Vokasi, UGM. Kami berharap Sekolah Vokasi UGM bisa memanfaatkannya. Saya yakin MoA ini tidak menjadi sleeping MoA,” lanjutnya.

Setelah ditandatanganinya MoA untuk tiga program kerjasama tersebut, dalam waktu dekat DBSMB akan memberikan sosialisasi kepada mahasiswa dan dosen terkait program-program yang bisa dimanfaatkan untuk menambah pengalaman internasional mahasiswa maupun dosen di lingkungan DBSMB secara khusus dan Sekolah Vokasi secara umum.

Text: Humas DBSMB

Foto: Humas SV