Mahasiswa Prodi Teknik Geomatika SV UGM Meraih Prestasi pada lomba Geospatial Challenge dan Lomba Karya Tulis Kegiatan Lustrum Ikatan Mahasiswa Geodesi Indonesia (IMGI)

Mahasiswa SV UGM kembali menorehkan prestasi gemilang dalam bidang Geomatika. Iqbal Hanun Azizi (2016), Adji Dwi Nugroho (2016), dan Dhani Yudi Prasetyo (2018), dari Program Studi (Prodi) D-III Teknik Geomatika berhasil mengharumkan nama UGM pada lomba Geospatial Challenge dalam rangkaian Geopoint 2019. Tujuan dari lomba ini adalah untuk mengukur kemampuan antar mahasiswa Geodesi dan Geomatika seluruh Indonesia dalam memahami bidang ilmu kebumian serta untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan pengetahuan keilmuan Geodesi dan geomatika. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 18 – 20 Januari 2019 di kampus Institut Teknologi Bandung.

Menurut Adji, motivasi mengikuti lomba ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman mereka dalam bidang Geodesi dan/atau Geomatika baik secara teoritis maupun praktik. Selain itu dia ingin membuktikan bahwa mahasiswa D-III Teknik Geomatika UGM  juga mampu bersaing secara nasional. Format lomba yang diselenggarakan dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu tahap seleksi berkas pendaftaran, tahap penyisihan teori, tahap penyisihan praktisi, babak final dengan format Lomba Cerdas Cermat.

Adji menuturkan bahwa “Tim ini dibentuk secara mandiri dan terus saling berkoordinasi mengenai materi dan bahan belajar apa yang belum dipelajari untuk menjalin chemistry”. Ujarnya

Adji menambahkan bahwa “Kami dan tim merasa sangat bangga karena ini adalah pengalaman pertama mengikuti lomba seperti ini dan dapat membawa nama harum D-III Teknik Geomatika SV UGM sebagai Juara II di tingkat Nasional, dan menjadi prodi D-III satu-satunya di babak puncak yang mampu bersaing dengan Universitas lain.”

Dalam kegiatan lainnya, mahasiswa D-III Teknik Geomatika SV UGM, yang diwakili oleh Ary Pratama, Dhita Safira, dan Berlian Puji juga menorehkan prestasi dengan menjadi Juara III pada Lomba Karya Tulis dalam rangkaian kegiatan Lustrum Ikatan Mahasiswa Geodesi Indonesia (IMGI). Lustrum IMGI V merupakan kegiatan Ikatan Mahasiswa Geodesi Indonesia setiap 5 tahunan yang bertujuan untuk mempersatukan dan mempertemukan mahasiswa geodesi geomatika seluruh Indonesia dengan diadakanya rangkaian kegiatan seperti lomba dan sebagainya.

Pelaksanaan kegiatan Lustrum IMGI ini berada di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tanggal 18-20 Januari 2019. Karya yang diangkat dalam lomba ini adalah “SMARTOLL (Solusi Mengenai Analisis Jaringan Tol) Sebagai Inovasi Terbarukan Untuk Menganalisis Keefektifan Akomodasi Perjalanan”. Dalam LKTI ini, tim dari D-III Teknik Geomatika memperoleh Juara III mengalahkan tim lain yang kebanyakan adalah peserta dari Program Sarjana.

Pelaksanaan IMGI berbarengan dengan Geopoint 2019. Namun secara organisasi penyelenggara antara Geopoint dan Lustrum berbeda. Lustrum IMGI dan berbagai perlombaan lainnya diadakan oleh IMGI dengan tuan rumah 3 Universitas di bandung yaitu ITB, ITENAS dan UNWIM. Dalam kesempatan lustrum IMGI ini, delegasi UGM hanya diwakili oleh Sekolah Vokasi Prodi D-III Teknik Geomatika. Pada dasarnya anggota IMGI dari UGM terdiri dari Prodi D-III Teknik Geomatika dari Sekolah Vokasi dan Prodi Sarjana Teknik Geodesi dari Fakultas Teknik. Ary, Dhita dan Berlian menuturkan perasaan bangga bahwa dapat mewakili UGM dan dapat berprestasi di tingkat Nasional yang notabene sebagian besar lawannya adalah dari Program Sarjana.