Peluncuran Buku “Menyimak Turbulensi Ekonomi: Pengalaman Empiris Indonesia” Karya Dosen Sekolah Vokasi UGM

Yogyakarta (16/2) — Sekolah Vokasi (SV) UGM menyelenggarakan kegiatan Peluncuran Buku “Menyimak Turbulensi Ekonomi: Pengalaman Empiris Indonesia” karya dosen Departemen Ekonomika dan Bisnis (DEB), Dr. Anggito Abimanyu pada Sabtu, 16 Februari 2019 di Hall Gedung Perpustakaan SV UGM. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Universitas Gadjah Mada, Rektor Universitas Widya Mataram, Dekan Sekolah Vokasi UGM, Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Deputy Branch Manager PT Bank Tabungan Negara (BTN) KC Yogyakarta, Direktur SDM PT Pegadaian (Persero), serta mitra Sekolah Vokasi UGM dan mahasiswa.

Rektor UGM dalam sambutannya menyampaikan, “Kami bangga pada Sekolah Vokasi karena menjadi salah satu jembatan bagi UGM untuk menghilirkan produk-produk yang ada di UGM baik dari hasil penelitian atau kegiatan lainnya untuk bisa menjadi produk-produk yang bermanfaat  bagi masyarakat.” Terkait peluncuran buku oleh dosen UGM, Prof. Panut menyatakan bahwa ke depannya UGM akan memfasilitasi kegiatan serupa untuk buku-buku yang dihasilkan oleh dosen UGM.

Kegiatan inti dari peluncuran buku tersebut adalah pembahasan buku yang dimoderatori oleh Dr. Fahmy Radhi, dosen SV UGM sekaligus Pengamat Ekonomi Energi UGM. Hadir sebagai pembahas adalah Rektor UWM Yogyakarta Prof. Dr. Edy Suandi Hamid dan dosen FEB UGM Dr. Elan Satriawan.

Mempertimbangkan latar belakang penulis sebagai pejabat eselon 1 Kementerian Keuangan RI pada 2000-2010, moderator menyebutkan bahwa perspektif penulis berharga untuk dijadikan rujukan.

Dalam paparan singkatnya, penulis menjelaskan tentang pemilihan istilah ‘turbulensi’ yang dianggap paling pas merepresentasikan perekenomian Indonesia yang seringkali berguncang, sebagaimana pesawat saat mengalami turbulensi.

Kemudian dalam sesi pembahasan, Prof. Edy Suandi menyatakan sambutan baik atas terbitnya buku ini. Buku ini dinilai sebagai dedikasi Bp. Anggito dalam ilmu terapan, dan Prof. Edy berharap mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu terapan dalam kehidupannya. Beliau menambahkan, ekonomi suatu negara bisa mampu menunjukkan kualitasnya dimulai dengan kemajuan infrastrukturnya. Beliau juga menyatakan bahwa dalam buku ini, penulis berhasil menyederhanakan pembahasan yang mungkin sulit dicerna masyarakat awam. Hal ini membuat siapapun dapat mencermati dinamika perekonomian Indonesia dengan membaca tulisan Anggito Abimanyu.

Pembahas ke-dua, Dr. Elan Satriawan, lebih banyak membahas topik-topik yang ada di dalam buku. Beliau juga menambahkan, bahwa turbulensi ekonomi terjadi tidak hanya di Indonesia, tapi juga di negara lainnya.

Sebagai pemanis acara, pada hari ini juga terdapat karya lain dari Bp. Anggito berupa lagu yang dibawakan oleh dosen SV Dr. Nurulia Hidayah dan diiringi oleh Dekan SV UGM. Lagu tersebut berjudul “Dzikir Bersama Merapi” yang merupakan ekspresi perasaan beliau pada saat terjadinya erupsi gunung Merapi pada tahun 2010 lalu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan serah terima hak penjualan 2000 buku untuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di SV UGM dari penulis kepada Dekan Sekolah Vokasi. Selain itu, diselenggarakan pula penandatanganan kerja sama Magang Bersertifikasi antara Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni (WRKSA) UGM dengan Direktur SDM dan Hukum Pegadaian. Terakhir, terdapat seremonial penyerahan bantuan beasiswa untuk mahasiswa SV UGM dari Bank Tabungan Negara (BTN) sebesar 100 juta rupiah.