Pimpinan SV UGM Hadiri Rapat Kerja FPTVI di Padang

Padang (22/3) — Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Urusan Internasional dan Humas & TIK, Dr. Silvi Nur Oktalina, M.Si., Bapak Ir. Hotma Prawoto S, M.T., IP-Md., Direktur SV UGM tahun 2012-2016 beserta perwakilan dari departemen di Sekolah Vokasi UGM menghadiri Rapat Kerja Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) di Universitas Andalas, Padang, pada hari Jum’at, 22 Maret 2019. Peserta dari Sekolah Vokasi UGM yakni Ibu Nabilla Kusuma Vardhani, S.I.P., M.A., (Manajer Hubungan Masyarakat dan TIK), Bapak Ghifari Yuristiadhi, S.S., M.A., dan Bapak Muhamad Sidiq Wicaksono, S.E., M.Sc. (Manajer Unit DBSMB), Ibu Dra. Sufitri, M.M., (DEB) dan Bapak Dian Budi Santoso, S.KM., M.P.H., (DLIKES)

Acara tersebut mengundang 120 universitas, politeknik, akademi, STIKES, dan lembaga penyelenggara Pendidikan Tinggi Vokasi di Indonesia.

Raker yang diadakan setahun sekali tersebut diawali dengan seminar terkait Revitalisasi Lulusan Pendidikan Tinggi Vokasi dalam rangka Pemenuhan Kebutuhan Industri 4.0 oleh Prof. Eko Indrajit dan Dr. Efa Yonnedi. Dalam sesi tersebut, dibahas tentang bagaimana peran pendidikan vokasi dengan applied science-nya. Disimpulkan bahwa, lulusan vokasi dinilai pas untuk turut menyemarakkan inovasi di era 4.0 misalnya dengan menciptakan sistem smart hotel, smart home, dan lain sebagainya. Salah satu contoh inovasi yang dapat dilakukan misalnya pemasangan sensor pada sepatu, sehingga sepatu tersebut dapat mengukur tidak hanya sejauh mana pemakainya pergi namun juga mengukur tingkat kelelahan pemakainya. Dengan sistem yang terintegrasi, di level tertentu sepatu tersebut dapat memberikan saran saat pemakainya butuh untuk istirahat atau untuk relaksasi. Namun demikian, ditegaskan dalam sesi ini bahwa industri 4.0 bukan hanya tentang teknologi, namun tentang mindset manusianya.

Agenda dilanjutkan dengan paparan Good Practice Keunggulan Pengelolaan Pendidikan Tinggi Vokasi dari UGM, UI, dan Universitas Halu Oleo. Pembicara dalam sesi ini adalah Dr. Silvi Nur Oktalina (UGM), Prof. Sigit Pranowo H (UI), dan Arman Faslich, MT (UHO), dimoderatori oleh Ir. Hotma Prawoto S, MT, Ip-Md HAKI. Masing-masing pimpinan universitas menceritakan pengelolaan pendidikan vokasi di institusinya. Dari ketiga pembicara tersebut, para peserta dapat mempelajari pola organisasi dan bagaimana masing-masing universitas mengelola pendidikan vokasinya. Sekolah Vokasi UGM merupakan satu-satunya penyelenggara pendidikan vokasi yang dosennya sudah dibedakan dengan dosen pendidikan akademik.

Agenda terakhir yaitu rapat kerja, di mana peserta dibagi menjadi lima kelompok sesuai bidang yang ada dalam struktur organisasi FPTVI. Lima kelompok raker tersebut terbagi atas Bidang Pembinaan Prodi Sejenis, Kelembagaan, Akreditasi dan Sertifikasi, Karya Ilmiah dan Publikasi, serta Kompetisi Mahasiswa. Dalam raker tersebut dibahas agenda satu tahun ke depan, di antaranya penyusunan Capaian Pembelajaran dan kurikulum D3-D4, workshop teaching industry, ToT akreditas, penjaminan mutu untuk akreditasi, lomba tahunan OLIVIA bagi siswa SMA/K dan mahasiswa, dan sebagainya.

Setiap tahunnya, FPTVI menyelenggarakan beberapa agenda seperti kongres dan lomba yang bertujuan memperkuat pendidikan tinggi vokasi di Indonesia.