Home     Profil     Program Studi     Program Beasiswa     Kontak Kami     Kegiatan     Penelitian    
Akademik     Kemahasiswaan     PMB     Berita     Agenda     Galeri     Video     Info Karir     Pengumuman     Download     Tracer Study     Saran

Sejarah Sekolah Vokasi UGM


Universitas Gadjah Mada resmi didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 dan merupakan Universitas yang bersififat nasional. Selain itu Universitas Gadjah Mada juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan universitas pembina di Indonesia. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 232/U/2000 tentang pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa dan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 80/P/SK/PD/2001 tertanggal 01 Oktober 2001 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Program Sarjana untuk Program Studi di Universitas Gadjah Mada, dinyatakan bahwa Universitas Gadjah Mada adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan akademik dan pendidikan profesional.

Sebelum dikeluarkan peraturan Rektor Nomor 518/P/SK/HT/2008, lembaga program diploma merupakan salah satu jenis pendidikan yang tergabung dalam Fakultas. Kemudian berdasarkan peraturan Rektor tersebut, Pengelolaan Program Diploma yang semula terintegrasi dengan Fakultas (yang mempunyai jalur pendidikan Akademik), ditata kelembagaanya yang menjadi sebuah intitusi yang bernama Sekolah Vokasi.

Sekolah Vokasi, yang selanjutnya disebut SV adalah Lembaga Pendidikan Diploma sebagaimana yang dimaksud dalam Anggaran Rumah Tangga Universitas Gadjah Mada, merupakan unsur pelaksana akademik sederajat dengan Politeknik yang menyelenggarakan progrma pendidikan vokasi dan/ atau pendidikan profesi mencakup program Diploma pada jenjang DI, DII, DIII, DIV yang bersifat terminal.
Pendidikan Vokasi adalah pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk menjadi manusia terdidik dan terampil, serta profesionla khususnya pada penguasaan bekal teknis.

Sekolah Vokasi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki ketrampilan dan keahlian terapan tertentu di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta menghasilkan penelitian terapan dan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Jenis pendidikan yang diselenggarakan Sekolah Vokasi pada saat ini adalah pada jenjang Diploma III dan Diploma IV, dengan kompetensi sebagai berikut :
  1. Program Diploma III diarahkan pada lulusan yang menguasai kemampuan dalam bidang kerja yang bersifat rutin maupun yang belum akrab dengan sifat-sifat maupun kontekstualnya, secara mandiri dalam pelakasanaan maupun tanggung jawab pekerjaanya, serta mampu melaksanakan pengawasan dan bimbingan atas dasar keterampilan manajerial yang dimilikinya.

  2. Program Diploma IV diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang kompleks, dengan dasar kemampuan profesionla tertentu, termasuk keterampilan merencanakan, melaksanakan kegiatan, memecahkan masalah dengan tanggung jawab mandiri pada tingkat tertentu, memiliki ketrampilan manajerial, serta mampu mengikuti perkembangan, pengetahuan dan teknologi di dalam bidang ke ahlianya.


Berdasarkan PP 17/201O tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, gelas pendidikan untuk Sekolah Vokasi terdiri atas : Ahlimadya untuk lulusan Program Diploma III, yang ditulis dibelakang nama yang berhak dengan mencantumpakn dengan singkatan A.Md.
Dan diikuti dengan inisial program studi atau bidang keahlian; dan sarjana Ssains terapan untuk Program Diploma IV, yang ditulis dibelakang nama yang berhak dengan mencantumkan singkatan S.S.T. dan diikuti dengan inisial program studi atau bidang keahlian.

Kemudian berdasarkan perpres Nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KNKI), pasal 2 disebutkan bahwa KNKI terdiri atas 9 (sembilan) jenjang kualifikasi, dimulai dari jenjang 1 (satu) sebagai jenjang terendah sampai dengan jenjang 9 (sembilan) sebagai jenjang tertinggi. Pada pasal 5 (lima) Perpres ini disebutkan bahwa lulusan Diploma III paling rendah setara dengan jenjang 5; dan lulusan Diploma IV atau Sarjana Terapan dan Sarjana paling rendah setara dengan jenjang 6.



PROFIL
  Sejarah
  Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan
  Pengelola
  Peta

PROGRAM STUDI
KELOMPOK IPA
1.  D3 Kesehatan Hewan
2.  D3 Pengelolaan Hutan
3.  D3 Komputer dan Sistem Informasi
4.  D3 Rekam Medis
5.  D3 Elektronika dan Instrumentasi
6.  D3 Teknik Elektro
7.  D3 Teknik Mesin
8.  D3 Teknik Sipil
9.  D3 Teknik Geomatika
10.  D3 Agroindustri
11.  D3 SIG dan Pengindraan Jauh
12.  D3 Metrologi dan Instrumentasi
13.  D4 Bidan Pendidik
14.  D4 Teknologi Jaringan
15.  D4 Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil
16.  D4 Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat
KELOMPOK IPS
1.  D3 Akuntansi
2.  D3 Manajemen
3.  D3 Ekonomi Terapan
4.  D3 Kearsipan
5.  D3 Kepariwisataan
6.  D3 Bahasa Inggris
7.  D3 Bahasa Perancis
8.  D3 Bahasa Jepang
9.  D3 Bahasa Mandarin
10.  D3 Bahasa Korea
11.  D3 Hukum

GALERI
Gedung dan Faslitas Sekolah Vokasi UGM
Suasana Perkuliahan Sekolah Vokasi UGM
Sekolah Vokasi UGM
Yogyakarta Pasca Gempa



STATISTIK
Pengunjung hari ini : 102
Total pengunjung : 193254
Hits hari ini : 452
Total Hits : 678073
Pengunjung Online: 8

678073


 
Copyright © Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta