Home     Profil     Program Studi     Program Beasiswa     Kontak Kami     Kegiatan     Penelitian    
Akademik     Kemahasiswaan     PMB     Berita     Agenda     Galeri     Video     Info Karir     Pengumuman     Download     Tracer Study     Saran

Program Studi SIG dan Pengindraan Jauh

 Profil

Program Diploma Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (Diploma III PJ & SIG) dibuka pertama tahun 1999 berdasarkan SK DIKTI No. 358/DIKTI/Kep/1998 dan dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap pakai, bekerja mandiri ataupun mendampingi sarjana S-1 dan S-2 di bidang survei-pemetaan. Program Diploma III PJ & SIG memberi bekal penguasaan teknis yang kuat pada 3 dari 5 bidang utama survei pemetaan, yaitu : Penginderaan Jauh, Sistem Informasi Geografi,dan Kartografi; sementara 2 bidang utama lain (fotogrametri dan land surveying) tetap diberikan secara memadai. Penggunaan Global Positioning System (GPS) juga diberikan di program ini.

Penginderaah Jauh merupakan ilmu dan teknologi perolehan informasi obyek atau fenomena di permukaan bumi tanpa kontak langsung. Untuk dapat memperoleh informasi itu, diperlukan sensor yang dipasang pada pesawat udara, pesawat ulang- alik, atau satelit tak berawak. Sensor dapat berupa kamera fotografik, antena radar, maupun scanner multispektral/hiperspektral. Sensor menghasilkan citra (gambar) untuk dianalisis lanjut sesuai tema, menjadi peta.

Sistem Informasi Geografi (SIG) merupakan sistem berbasis komputer untuk pengumpulan, manajemen, analisis dan pemodelan, serta pembuatan output semua Iinformasi spasial, yaitu yang mempunyai referensi lokasi pasti di permukaan bumi. SIG memproses peta dengan bantuan komputer. Penginderaan jauh dan SIG sangat diperlukan dalam perencanaan wilayah/kota, pengelolaan sumberdaya hutan, mineral, kelautan, mitigasi bencana alam, manajemen fasilitas jaringan telekomunikasi,

 
 Kompetensi Kelulusan

  1. Mampu melakukan teknik-teknik perolehan, pengolahan, analisis, mengelola, dan diseminasi data spasial,
  2. Mampu melakukan pemrosesan dan interpretasi citra penginderaan jauh untuk berbagai fenomena geosfer, serta memvisualisasikannya dalam bentuk peta,
  3. Mampu memanfaatkan peta dan berbagai citra penginderaan jauh sebagai sarana analisis data spasial,
  4. Mampu mengoperasikan berbagai perangkat lunak dan perangkat keras untuk pemetaan, pemrosesan citra dan sistem informasi geografis,
  5. Mampu melakukan kegiatan survei dan pemetaan.

 
 Fasilitas Pendidikan

Kegiatan kuliah (35%) dan praktikum (65%) didukung oleh fasilitas ruang kuliah yang nyaman dengan fasilitas AC dan LCD-Viewer, Laboratorium Analisis Data Digital SIG dan Penginderaan Jauh yang dilengkapi Komputer (16 komputer diantaranya ber-Processor i-5) dengan LCD Monitor, Laboratorium Analisis Visual serta didukung oleh berbagai laboratorium di Fakultas Geografi UGM, antara lain: Lab. Penginderaan Jauh Dasar, Lab. Penginderaan Jauh Terapan, Lab. Pemrosesan Citra Digital, PUSPICS, Lab. Sistem Informasi Geografis, Lab. Desain dan Konstruksi Peta, Lab. Hidrometerorologi, Lab. Geomorfologi Dasar, dan Lab.Geografi Tanah, serta Laboratorium alam pesisir di Parangtritis.

Guna mendukung kegiatan belajar mandiri mahasiswa disediakan Perpustakaan dan Jaringan internet melalui Sambungan Wi-Fi serta fasilitas pendukung lain berupa Mushola, Ruang Organisasi Mahasiswa-STARGIS, Ruang Auditorium, Pusat Layanan Fotocopy dan Kantin.

 
 Kurikulum

Pendidikan Diploma Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh ditempuh melalui sistem kredit semester (SKS), dimana beban SKS yang harus diselesaikan minimal sebanyak 115 SKS. Diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan program pendidikan selama 5 - 6 semester. Gelar yang akan diterima adalah Ahli Madya (A.Md)
 
 Beasiswa

Bagi mahasiswa berprestasi diberikan beberapa peluang untuk mendapatkan beasiswa ( + 30% dari total mahasiswa), diantaranya berupa beasiswa PPA, BOP, BIDIK MISI, Bantuan Pendidikan, BBM, PT. INDOCEMENT, dan Bank BTN.
 
 Peluang Kerja

Lapangan kerja lulusan bidang Penginderaan Jauh dan SIG sangat luas. Lembaga seperti Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Lemigas, LIPI, BPPTeknologi, Kementrian Kehutanan, Kementrian Kelautan dan Perikanan, Kementrian Pekerjaan Umum, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Badan Intelejen Negara, Kementrian Kesehatan, Universitas/Perguruan Tinggi dan Bappeda Provinsi/Kabupaten banyak membutuhkan tenaga terdidik di bidang ini. Konsultan dan Perusahaan swasta seperti PT. Tigenco Graha Persada, PT. Duta Astakona Girinda, PT. EXSA MAP Asia, PT. EXSA Internasional, PT. Waindo SpecTerra, PT. SMART Tbk, PT. Holcim Indonesia Tbk, PT. Wilmar Internasional, PT Pertamina PE., PT. Black Platinum Energy, PT. Indika Energy Tbk., PT. Bayan Resources Tbk., PT. Merukh Enterprises., PT. Daya Bumindo Karunia, PT. Bumitama Gunajaya Agro, yang membutuhkan tenaga bidang penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografi terus berkembang. Hampir seluruh Kabupaten saat ini masih kekurangan tenaga terlatih/terdidik dalam pemetaan dan pengelolaan data wilayah dalam menyongsong era otonomi daerah.
 
 Kerjasama

Program Diploma juga melakukan kerja sama dengan instansi pemerintah (PEMDA, BAKOSURTANAL, TNI-POLRI) maupun swasta, untuk mendidik pegawai/prajurit-nya menjadi ahli madya profesional bidang PJ & SIG yang sesuai dengan aplikasi di lingkungan kerjanya.
 
 Alumni

Sampai dengan saat ini Program Diploma PJ & SIG telah meluluskan lebih dari 350 alumni, yang tersebar diseluruh indonesia. Sebagian Besar alumni Program Diploma PJ & SIG telah bekerja di berbagai bidang baik di instansi pemerintah (pegawai negeri) ataupun instansi swasta dan kurang lebih 30%-nya melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
 
 Jalur PMB

  1. PBUTM (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu)
  2. PBUPD (Penelusuran Bibit Unggul Pembangunan Daerah)
  3. PBUB ((Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi)
  4. PBUSMAK ((Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Sekolah Menengah Kejuruan)
  5. UJIAN TULIS ( 2 periode)


 
 Biaya Pendidikan

Guna menempuh kegiatan belajar mengajar mahasiswa dibebani biaya pendidikan berupa :

  1. SPMA (Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik) minimal sebesar Rp. 2.000.000,00 dibayar sekali selama masa studi
  2. Sumbangan Pembinaan Pendidikan sebesar Rp. 500.000,00 dibayarkan setiap semester
  3. BOP (Biaya Operasional Pendidikan) sebesar Rp. 2.500.000,00 dibayarkan setiap semester


 
 Alamat Kampus

Gedung B :
Pasca Sarjana dan Diploma SIGPJ,
Fakultas Geografi-Univesitas Gadjah Mada,
Bulaksumur, Yogyakarta KodePos 55281
Telepon 0274 - 6492347, 085327866920, Fax. 0274 - 6492347
e-mail : d3sigpj@ugm.ac.id

stargis.sv.ugm.ac.id
 
 Website

http://sig.sv.ugm.ac.id
 

PROGRAM STUDI
KELOMPOK IPA
1.  D3 Kesehatan Hewan
2.  D3 Pengelolaan Hutan
3.  D3 Komputer dan Sistem Informasi
4.  D3 Rekam Medis
5.  D3 Elektronika dan Instrumentasi
6.  D3 Teknik Elektro
7.  D3 Teknik Mesin
8.  D3 Teknik Sipil
9.  D3 Teknik Geomatika
10.  D3 Agroindustri
11.  D3 SIG dan Pengindraan Jauh
12.  D3 Metrologi dan Instrumentasi
13.  D4 Bidan Pendidik
14.  D4 Teknologi Jaringan
15.  D4 Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil
16.  D4 Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat
KELOMPOK IPS
1.  D3 Akuntansi
2.  D3 Manajemen
3.  D3 Ekonomi Terapan
4.  D3 Kearsipan
5.  D3 Kepariwisataan
6.  D3 Bahasa Inggris
7.  D3 Bahasa Perancis
8.  D3 Bahasa Jepang
9.  D3 Bahasa Mandarin
10.  D3 Bahasa Korea
11.  D3 Hukum

GALERI
Gedung dan Faslitas Sekolah Vokasi UGM
Suasana Perkuliahan Sekolah Vokasi UGM
Sekolah Vokasi UGM
Yogyakarta Pasca Gempa



STATISTIK
Pengunjung hari ini : 353
Total pengunjung : 201563
Hits hari ini : 1371
Total Hits : 713702
Pengunjung Online: 7

713702


 
Copyright © Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta