Liga Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) SV UGM

LIGA PKM 2014Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang menjadi agenda tahunan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu wadah guna menampung kretivitas, meningkatkan kualitas mahasiswa agar menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam menerapkannya, mengembangkan komunikasi ilmiah, memacu dan membudayakan kreativitas dan penalaran dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Liga PKM SV UGM diselenggarakan oleh BEM KM SV UGM dan ditujukan untuk semua mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada dari 27 Program studi angkatan 2012-2013, dimana setiap kelompok terdiri 3-5 orang. Seorang mahasiswa hanya boleh mengusulkan satu judul kegiatan sebagai ketua. Pengusul dapat berasal dari berbagai program studi yang berbeda namun masih dalam satu lingkup UGM.

Kegiatan Liga PKM 2014 yang diadakan oleh BEM KM SV UGM bertujuan untuk :

  1. Mempersiapkan mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada menghadapi PIMNAS.
  2. Menumbuhkan budaya menulis di kalangan mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.
  3. Meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.
  4. Membuka peluang bagi pengembangan potensi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah.
  5. Mempertajam wawasan mahasiswa dalam pengembangan IPTEK dan seni.
  6. Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyampaikan karya intelektual.

BEM KM SV UGM berniat mengadakan Liga PKM 2014 dengan beberapa kateogori yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-M), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Dalam rangka mencapai tujuan, Liga PKM 2014 memiliki tujuh lingkup penulisan proposal yaitu :

  1. PKM-Penelitian (PKM-P) merupakan program penelitian yang dimaksudkan untuk mampu menjawab berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan isu-isu terkini.
  2. PKM-Kewirausahaan (PKM-K) merupakan program pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada profit.
  3. PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-M) merupakan program bantuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun ketrampilan usaha, penataan dan perbaikan lingkungan.
  4. PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) merupakan program bantuan teknologi atau manajemen atau lainnya bagi industri berskala mikro atau kecil dan menengah yang menyangkut kepentingan masyarakat luar dan sesuai dengan kebutuhan calon mitra program.
  5. PKM-Karsa Cipta (PKM-KC) merupakan program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang atau prototipe dan sejenisnya.
  6. PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan mahasiswa dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukannya sendiri.
  7. PKM-Gagasan Tertulis merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari ide atau gagasan kelompok mahasiswa. Gagasan yang dituliskan mengacu kepada isu aktual yang ada di masyarakat dan memerlukan solusi hasil karya pikir yang cerdas dan realistis.

Usulan PKM ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran font 12 dengan jarak baris 1,5 spasi; kecuali ringkasan satu spasi dan ukuran kertas A-4.

Pengiriman dan penyerahan proposal langsung ke Sekre BEM KM SV UGM berupa hard copy sebanyak dua rangkap, foto copy KTM ketua tim satu lembar. Pengumuman proposal tanggal 05 Mei 2014 dan penyerahan uang pembinaan, piagam dan plakat pada tanggal 07 Juni 2014. Proposal yang lolos akan diajukan ke UGM pusat untuk mengikuti PKM dari Dikti.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*