Sekolah Vokasi kebanjiran Kunjungan dari SMA

sman 2 banguntapanSiswa-siswi kelas 12 Sekolah Menegah Atas (SMA) pada umumnya memiliki keinginan dan semangat yang tinggi untuk dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat Universitas. Namun, sering kali informasi terkait pemahaman dunia kampus dan arah pendidikan belum bisa dipahami oleh kebanyakan siswa-siswi SMA.

Sekolah Vokasi (SV) UGM sebagai institusi pendidikan tinggi berkewajiban untuk menyampaikan informasi tersebut kepada para calon mahasiswa baru. Oleh karena itu, mendekati dibukanya pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (pmb) 2015 Sekolah Vokasi kebanjiran permohonan kunjungan dari SMA/SMK se DIY dan Jawa Tengah.

Setidaknya, dalam kurung waktu 1 bulan Desember ini SV sudah mendapat permohonan kunjungan lebih dari 4 SMA dari DIY dan Jawa Tengah. Selama dua minggu berturut-turut SV UGM telah menerima 2 kali kunjungan SMA dari SMA N 2 Banguntapan pada hari Kamis 11 Desember 2014 dengan jumlah lebih dari 200 siswa SMA. Kemudian minggu berikutnya, hari Kamis tanggal 18 Desember 2014 SV kembali menerima kunjungan dari SMA N 1 Dlingo sebanyak 80 orang yang terdiri dari siswa-siswi dan guru.

Menurut Bapak Subandi, S.Pd selaku perwakilan guru dari SMA N 1 Dlingo, kunjungan kampus merupakan suatu program yang ditujukan untuk siswa-siswi kelas 12 dengan mendatangi Perguruan Tinggi sehingga siswa-siswi tersebut dapat mengenal lebih dalam dunia kampus dan berbagai informasi mulai dari program studi yang disediakan sampai dengan tips-tips yang harus dilakukan agar diterima di perguruan tinggi sesuai dengan yang diharapkan.

Antusias para siswa juga terlihat dari banyaknya siswa yang aktif bertanya saat sesi Tanya jawab berlangsung. Kebanyakan dari para siswa menanyakan tentang jalur masuk yang ada di Perguruan Tinggi, serta beberapa tips memilih program studi yang tepat dan sesuai dengan passion serta tips agar lolos seleksi jalur masuk.