ASEAN Youth Exchange Program 2015 “Youth LEAD: Lingering the Enhancement of ASEAN Community”

YOUTH LEAD adalah suatu program pertukaran pelajar/mahasiswa yang digagas dan dibiayai penuh oleh Pemerintah Thailand dibawah lembaga Innovative Thai-ASEAN Academic Cooperation di Chulalongkorn University. Program ini digagas guna meningkatkan komitmen dan kesadaran masyarakat ASEAN yang diwakili oleh generasi muda/mahasiswa terhadap kerjasama antar negara demi perkembangan bersama dalam berbagai segi, seperti ekonomi, politik, budaya, dan sebagainya.

Kegiatan ASEAN Youth Exchange Program 2015 akan dilaksanakan selama 11 hari pada1 Agustus – 11 Agustus 2015 di Thailand dengan melibatkan peserta dari 10 negara anggota ASEAN, seperti Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Seluruh peserta nantinya akan terlibat dalam group discussion, community service (pelayanan komunitas), dan berbagai kegiatan yang meningkatkan leadership dan problem-solving skills.

Adapun kriteria untuk menjadi peserta ASEAN Youth Exchange Program 2015 adalah sebagai berikut:

  • Warga negara dari salah satu negara ASEAN

  • Mahasiswa tahun pertama s/d tahun ke-empat (Undergraduate)

  • Memiliki pengetahuan dasar mengenai ASEAN Community

  • Mampu berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan dengan baik

  • Memiliki paspor yang masih berlaku, maksimal 6 bulan setelah tanggal 1 Agustus 2015

Peminat program ini dapat mengunduh formulir pendaftaran di www.asean.chula.ac.th dan mengisinya kemudian mengirimkan kembali ke panitia beserta dokumen berikut:

  • Copy of passport (scan warna),

  • Resume/short CV,

  • Copy of language proficiency test result (jika ada)

Seluruh dokumen dikirim ke youthlead2015@gmail.com dengan judul subject email Apply for Youth Lead 2015. Panitia menerima formulir pendaftaran yang telah diisi paling lambat hari Senin, 13 Juli 2015 jam 17.00 waktu Bangkok. Kandidat yang lolos akan diumumkan melalui email pada Jumat, 17 Juli 2015. Kandidat yang lolos diwajibkan memberikan konfirmasi keikutsertaan program ASEAN Youth Exchange paling lambat hari Senin, 20 Juli 2015 setelah menerima “letter of acceptance” dan “confirmation documents” pada 17 Juli 2015.

Seluruh peserta dibebaskan dari biaya program. Seluruh biaya termasuk transportasi lokal, akomodasi (penginapan), dan makan selama kegiatan ditanggung oleh penyelenggara. Peserta hanya dibebani biaya tiket PP dari negaranya masing-masing ke Thailand.

Informasi lebih lanjut: www.asean.chula.ac.th / KUI Sekolah Vokasi UGM.