Sekolah Vokasi Selenggarakan Workshop Pajak Aplikatif untuk BUMN/BUMD dan Rumah Sakit

pajak 1Maraknya pemeriksaan yang dilakukan KPP terhadap Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Rumah Sakit, menimbulkan adanya kekhawatiran bagi pengelola BUMN, BUMD dan Rumah Sakit. Pemeriksaan tersebut tidak hanya terkait dengan PPN namun juga terkait PPh Pasal 21, 23, dan 4 ayat 2. Pemeriksaan tersebut mengakibatkan pada kewajiban membayar pajak dengan jumlah tertentu. Untuk itu diperlukan penguasaan yang komprehensif mengenai perlakuan perpajakan pengelolaan keuangan di BUMN/BUMD dan RS. Sekolah Vokasi UGM melalui Vocational Development Center (VDC) mengadakan workshop Pajak Aplikatif dengan tema “Pelatihan Pajak Aplikatif : Aspek Perpajakan Khusus di BUMN/BUMD dan RS” yang diselenggarakan pada Rabu – Kamis, 7 – 8 Agustus 2015.

Workshop ini secara resmi dibuka oleh Ma’un Budiyanto, ST., MT selaku Wakil Direktur Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) dan Kerjasama, SV UGM. Dalam sambutannya, Ma’un menyebutkan bahwa Sekolah Vokasi memiliki peran penting dalam menjembatani mahasiswa dan alumni untuk memasuki dunia kerja. Untuk itu diperlukan pelatihan-pelatihan agar peserta dapat memperbaharui peraturan dan kebijakan pemerintah terbaru. Kegiatan workshop ini diikuti PT Jasa Ausransi Jasa Indonesia, Bank DKI, RSUD Sleman, RSUP Dr. Sardjito, RSUD Panembahan Senopati, dan Perum Perhutani Regional Jawa Tengah.

pajak 2

Berdasarkan Peraturan Pemerintah 46 Tahun 2013 yang berlaku 1 Juli 2013 disebutkan bahwa Atas penghasilan dari usaha yang diterima Wajib Pajak yang memiliki peredaran bruto tidak melebihi Rp 4,8 milyar dikenai Pajak Penghasilan bersifat final sebesar 1% dari Peredaran Bruto,” tutur Hersona Bangun, SE., SH., BKP., CA selaku pembicara dalam workshop tersebut yang juga menjabat sebagai Direktur Kantor Konsultan Pajak Mitra Nata sekaligus pengajar pajak di Diploma Ekonomika dan Bisnis SV UGM.

Materi-materi yang dibahas sangat menarik sehingga para peserta antusias dan terlihat berdiskusi secara interaktif. Sekolah Vokasi UGM dalam waktu dekat juga akan mengadakan pelatihan brevet pajak A dan B yang telah memenuhi batas minimal kelas, namun bagi mahasiswa yang berminat, masih diberi kesempatan untuk mendaftar ke Vocational Development Center (VDC) SV UGM.

“Batas pendaftaran tanggal 14 Agustus dan rencana kelas dimulai tanggal 18 Agustus 2015,” tutur Faiz Zamzami selaku kordinator VDC SV UGM.

Faiz juga menambahkan, bahwa pelatihan ini terselenggara atas kerjasama Sekolah Vokasi dengan Kantor Konsultan Pajak Mitra Nata. (Fz)