Sekolah Vokasi UGM – PT Parama Jalin Kerja Sama Gelar Kuliah Umum untuk Mahasiswa Teknik Elektro dan Informatika

IMG_1747_

(01/9) Departemen Teknik Elektro dan Informatika (TEDI) Sekolah Vokasi UGM bekerja sama dengan PT. Parama Drilling Services menggelar acara Kuliah Umum bagi mahasiswa Departemen TEDI SV UGM. Acara yang dilaksanakan di Hall Perpustakaan SV UGM ini mengusung tema Implementasi Bidang Teknik Elektro dan Informatika pada industri pengeboran MIGAS dan Panas Bumi.
Direktur SV UGM, Ir. Hotma Prawoto, M.T.,IP-Md., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sekolah Vokasi UGM merupakan pendidikan yang berbasis pada keahlian, sehingga proses pembelajarannya berbasis pada keilmuan terapan berdasar kasus-kasus real di masyarakat.

“Kuliah umum ini merupakan salah satu upaya dalam rangka pemahaman aplikasi keilmuan yang ada di industri MIGAS” tutur Hotma.

Turut hadir sebagai pembicara pertama, Ust. Adi Hidayat yang mengawali acara kuliah umum ini dengan siraman rohani dengan membawakan tema peran iman dalam melahirkan ilmu dan menciptakan peradaban. Sebagai pembicara kedua, Eben Ezer Siahaan dari Pertamina Geothermal Energi dengan menyampaikan tema utama dalam kuliah umum tersebut.
Selain kedua pembicara tersebut, juga disampaikan presentasi dari 5 perusahaan Internasional, diantaranya yaitu dari Pertamina EP yang disampaikan oleh Winner Reynold, Parama Drilling Services oleh Lalu Hendro, Scientific Drilling International oleh Dhanisworo, PT. Artificial Teknologi Persada oleh Sulfadi dan dari Air Drilling Associates Inc. disampaikan oleh Diederik Zwager, sebagai moderator dalam presentasi tersebut Drs. Suparwoto, M.Si selaku Sekretaris Prodi Metrologi dan Instrumentasi SV UGM.

Kuliah umum ini merupakan tindak lanjut kerja sama antara SV UGM dengan PT. Parama drilling services yang sudah dimulai sejak tahun 2012 dan telah diperbaharui pada tanggal 27 Agustus 2015. Kontribusi PT Parama sangat membantu penguatan pendidikan SV UGM sehingga pengalaman terapan dan instrument yang digunakan di lapangan saat ini telah dimasukkan dalam penguatan kurikulum SV UGM. Besar harapan kerja sama yang terjalin antara SV UGM dengan PT Parama menjadi inspirasi positif dalam rangka peningkatan dan penguatan teknologi industri migas dan panas bumi dari hulu ke hilir untuk menuju kemandirian teknologi Indonesia dimasa yang akan datang.