Tingkatkan Kompetensi Auditor Keuangan, SV UGM selenggarakan Workshop bagi auditor Internal

ACL 1 Tantangan yang dihadapi auditor internal saat ini adalah bagaimana auditor mampu melakukan audit dengan menggunakan komputer atau yang lebih dikenal dengan Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK). Audit dengan menggunakan software merupakan konsekuensi logis bagi profesi auditor karena adanya aplikasi teknologi informasi pada sistem pemrosesan transaksi perusahaan. Dalam rangka meningkatkan keahlian auditor dalam kemampuan menggunakan software, maka Sekolah Vokasi UGM menyelenggarakan pelatihan dengan tema “Audit Keuangan Dengan Menggunakan Software Bagi Auditor Internal”
“Audit dengan menggunakan software adalah upaya dalam menyesuaikan lingkungan bisnis berbasis IT serta tentunya diharapkan mampu meningkatkan produktifitas auditor” tutur Nabella Duta Nusa selaku pembicara dan staff pengajar Prodi Diploma Akuntansi SV UGM yang sebelumnya telah lama berprofesi sebagai auditor di Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta.
Dalam workshop tersebut telah dibahas dengan tuntas mengenai proses audit keuangan, memperkenalkan Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK) bagi Auditor Internal, mengintegrasi Teknik Audit Otomatis ke Pendekatan Audit Internal, menggunakan TABK untuk mengindentifikasi kemungkinan anomaly dan fraud, teknik dalam sampling dengan ACL.
Workshop ini dibuka oleh Wakil Direktur Bidang PPM dan Kerjasama Maun Budiyanto, ST., MT. Dalam sambutannya Maun menyampaikan perkembangan profesi auditor dan tantangannya dalam pengelolaan keuangan, sehingga diharapkan auditor harus selalu meng-upgrade kemampuannya. Untuk itu Sekolah Vokasi yang lebih menekankan pada ilmu terapan harus ikut berperan serta dalam pengembangannya. Kegiatan workshop ini diselenggarakan pada tanggal 30 September sampai dengan 1 Oktober 2015.ACL 2