VDC SV UGM kembali Menggelar Workshop “Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual”

IMG_5724Vocational Development Center (VDC) Sekolah Vokasi UGM menyelenggarakan Workshop dengan tema Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual di Hotel Grand Tjokro Yogyakarta pada tanggal 6–7 April 2016. Workshop secara resmi dibuka oleh Wakil Direktur SV UGM bidang Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat dan Kerjasama, Ma’un Budiyanto ST, MT.,.

Maun menyampaikan bahwa Tantangan yang dihadapi saat ini adalah dengan perubahan kebijakan akuntansi yang semula cash basic menuju accrual berubah menjadi accrual basis secara penuh, maka laporan keuangan yang disajikan harus sudah benar-benar diperoleh melalui proses akuntansi yang wajar dan sesuai dengan ketentuan yang ada dalam Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), mengingat hal ini akan berdampak pada penilaian Auditor Eksternal yaitu Badan Pemeriksaan keuangan (BPK) dalam memberikan opini auditor yang akan melaksanakan pemeriksaan pada bulan April atau Mei tahun 2016.

Peserta workshop Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual berasal dari berbagai instansi pemerintahan, yaitu  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tulungagung, Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bogor, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Kabupaten Brebes, serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Provinsi Jawa Tengah.

Selain Workshop tersebut, Sekolah Vokasi UGM melalui Vocational Development Center SV UGM akan kembali menyelenggarakan Pelatihan dengan tema “Pemanfaatan Barang Milik Daerah“ yang akan diselenggarakan pada tanggal 13-14 April 2016 dan Pelatihan dengan tema “Manajemen Audit bagi Auditor Internal Di Perguruan Tinggi” yang akan di selenggarakan pada tanggal 27-28 April 2016. Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Vocational Development Center (VDC) Sekolah Vokasi UGM, Sekip Unit I Universitas Gadjah Mada Jl. Kaliurang No.1 Sleman Yogyakarta, Telepon : +62 274 552153, Fax : +62274 552153, Mobile : 085774151992 Email : vtc.ugm@gmail.com, Website : www.vdc.sv.ugm.ac.id