Mahasiswa Vokasi UGM Kembangkan Teknologi Alat “KOPLO” Untuk Fasilitas Bandara

IMG_1424

SV UGM – Teknologi terus berkembang untuk menunjang kemudahan kehidupan manusia, tidak dapat dipungkiri bahwa manusia sudah bergantung pada teknologi, contohnya gadget, dan belum lagi teknologi terapan lainnya di berbagai bidang yakni bidang industri, pendidikan, transportasi, ekonomi dan bisnis, dll.

Mahasiswa Diploma Teknik Elektro Sekolah Vokasi UGM, Adfiana Pramudaswari, Addy Rahmad Nurcahyo, Setio Imanulloh, Luhur Wasisa Adi Nugroho dan Rahmad Kurniawan membuat sebuah inovasi dalam mengembangkan teknologi terapan di bidang transportasi publik, yaitu di bandara..

Teknologi yang digunakan pada sebuah alat yang dinamai Koper Follower (Koplo) ini merupakan pengangkut koper layaknya troli namun uniknya dapat mengikuti pemiliknya.

“Troli sangat membantu para calon penumpang pesawat di bandara untuk mengangkut barang bawaan, namun menjadi melelahkan karena troli harus terus didorong, inilah yang melatar belakangi kami untuk membuat Koper Follower (Koplo).” Ujar Adfiana.

Adfiana juga menjelaskan bahwa alat Koplo ini dilengkapi dengan sebuah kamera yang diletakkan pada bagian sisi depan alat.

“Kamera ini digunakan untuk mengenali pemilik koper yaitu dengan cara pemilik koper yang sudah diberikan gelang kaki sebelumnya dengan warna gelang sebagai acuan kamera sehingga alat ini dapat berjalan mengikuti penggunanya.” Ucap Addy sang programmer alat Koplo ini.

Setio yang merupakan Ketua Tim Koplo mengungkapkan bahwa selain dapat mengikuti pemiliknya secara otomatis, Koplo juga dapat dioperasikan secara remote control layaknya mobil remot.

“Untuk mengatur mode remote control atau auto follow, digunakan aplikasi smartphone sebagai pengendalinya.” tambahnya.

Untuk saat ini Koplo masih dikembangkan dalam bentuk prototype. Harapan kedepannya alat ini dapat disempurnakan agar mampu menjadi bagian dari fasilitas bandara.