Tingkatkan Kerjasama, SV UGM Gelar Gathering dengan Hotel-Hotel di DIY

gathering hotel

Selasa (23/8), bertempat di Hall Perpustakaan Sekolah Vokasi (SV) UGM berlangsung acara gathering dengan hotel-hotel yang ada di Wilayah DIY. Acara yang diinisiasi SV UGM untuk meningkatkan kerjasama tersebut turut mengundang lebih dari 20 Hotel.

Wikan Sakarinto, M.Sc.,Ph.D., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik & Kemahasiswaan SV UGM dalam sambutannya menyampaikan bahwa SV UGM sebagai pendidikan vokasional di UGM berfokus pada produk-produk hasil riset, dimana lulusan SV UGM memiliki karakteristik yang kuat pada bidang praktik.

“Kompetensi lulusan Vokasi dilengkapi dengan kemampuan manajerial, networking, leadership dan kemampuan bahasa asing,” tutur Wikan.

Harapannya, dengan berlangsungnya kegiatan gathering SV UGM dengan Hotel ini dapat menjalin kerjasama yang lebih luas, baik dalam hal pengiriman mahasiswa magang, juga kedepannya pihak stakeholder dapat memberikan saran atau masukan kurikulum termasuk mendatangkan dosen tamu dari praktisi professional untuk memberikan kuliah.

Sementara itu, Maun Budiyanto, S.T., M.T., selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama menyampaikan bahwa acara ini merupakan ajang silaturahmi untuk mengenalkan SV UGM dengan pihak stakeholder.

“lebih dari 200 stakeholder sudah bekerja sama dengan SV UGM, hal ini membuat potensi SV UGM kedepannya jauh lebih kuat,” ungkap Maun.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Dosen dari Departemen Bahasa, Seni dan Manajemen Budaya (DBSMB) SV UGM. Menurut Fahmi Prihantoro, S.S., S.H., M.A., selaku Kaprodi D3 Kepariwisataan, Mahasiswa D3 Kepariwisataan lebih dominan memilih tema tugas akhir di industri perhotelan.

“Mata kuliah manajemen perhotelan masuk dalam kurikulum D3 Kepariwisataan, dimana lulusan kami harus pernah magang minimal 1 kali di Hotel,” tutur Fahmi.

Sementara, menurut Dr.Endang Soelistyawati, M.Pd., selaku Kaprodi D3 Bahasa Inggris fakta yang ditemui di lapangan adalah bahwa perusahaan masih merasa kesulitan dalam mencari tenaga kerja, sedangkan pencari kerja juga mengalami kesulitan mencari pekerjaan. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat perbedaan harapan antara perusahaan sebagai pihak pencari tenaga kerja dan pihak pencari kerja. Untuk itu, perlu dilakukan skema kerjasama saling menguntungkan antara keduanya.

Acara ini di tutup oleh Dekan SV UGM, Ir. Hotma Prawoto, M.T., IP-Md., dengan memberikan pernyataan bahwa pendidikan vokasi tidak terlepas dari peran para stakeholder, serta dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antara pihak Hotel dan SV UGM.