Tingkatkan Mutu Program Studi, Sekolah Vokasi UGM Kembali Mendatangan Senior Professor dari Jerman

IMG_0356Membawa misi mulia guna menyediakan pendidikan vokasi terbaik di Indonesia yang berkualitas dan berintegritas, Sekolah Vokasi UGM menjalin kerjasama dengan instansi Senior Experten Service (SES) Jerman. Kerjasama ini mengarah kepada skema mendatangkan Senior Professor atau Senior Expert (tenaga ahli senior) dari Jerman dan beberapa negara di Eropa lainnya ke Sekolah Vokasi UGM untuk memberikan asistensi kepada staf pengajar (dosen) dan beberapa esensi penting dalam suatu institusi pendidikan vokasi, seperti kurikulum, metode pengajaran berbasis praktikum, kegiatan laboratorium dan lapangan, dan sebagainya. Kerjasama yang dimulai sejak akhir tahun 2014 ini, yang juga ikut diinisiasi oleh Ferizal Ramli selaku Ketua IASI (Ikatan Ahli dan Sarjana Indonesia, Jerman) dan Adam Pamma selaku perwakilan instansi SES Jerman di Indonesia, telah berhasil memberikan dampak dan perubahan positif yang luar biasa khususnya bagi Program Studi yang terlibat.

Pada bulan September 2016 ini, tepatnya pada tanggal 3 September 2016, Sekolah Vokasi melalui Program Studi D3 Ekonomi Terapan, Departemen Ekonomika dan Bisnis, kembali mendatangkan Senior Professor dari Jerman yaitu Prof. Walter Richard Maier. Prof. Maier menjadi Professor ketiga yang hadir ke Sekolah Vokasi melalui kerjasama dengan SES Jerman. Sebelumnya pada tahun 2015 dan pada bulan Februari 2016 Sekolah Vokasi melalui Departemen Teknik Sipil dan Departemen Teknik Mesin telah mendatangkan Prof. Bert Hofmann dan Prof. Wolfram Franz Stanek.

Berbeda dengan dua Senior Professor sebelumnya yang berkonsentrasi pada bidang teknik, Prof. Maier menguasai konsentrasi di bidang ilmu sosial dan ekonomi, khususnya hukum administratif dan konstitusional, perpajakan, hukum perpajakan internasional, kebijakan publik yang berkaitan dengan keuangan, dan sebagainya. Professor yang pernah menjabat sebagai Prorector dan Dekan di University for Public Administration and Finances Ludwigsburg ini nantinya akan bekerjasama dengan Program Studi D3 Ekonomi Terapan selama periode 5 – 30 September 2016 dalam berbagai kegiatan yang dimaksudkan untuk meningkatkan mutu program studi tersebut, diantaranya kegiatan diskusi dan penyusunan kurikulum, kuliah umum, pengabdian masyarakat, workshop, dan sebagainya.

“Jerman adalah Negara yang memiliki tradisi pendidikan Vokasi yang berkembang sehingga dapat diadopsi oleh pendidikan Vokasi di Indonesia dan di Sekolah Vokasi pada khususnya,” ungkap Hotma Prawoto selaku Dekan SV UGM pada saat acara Welcome Ceremony pad Senin (5/9) di DEB*

Selain Prof. Maier, direncanakan akan ada 5 Senior Professor dan Senior Expert dari SES Jerman yang akan datang ke Sekolah Vokasi UGM pada akhir tahun 2016 ini, diantaranya adalah Dr. Franco Miralles untuk Program Studi D3 Komputer dan Sistem Informasi, Mr. Klaus Gengenbach untuk Program Studi D3 Kepariwisataan, Mr. Klaus Buschhoff untuk Program Studi D3 Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi, serta dua lainnya. Diharapkan kerjasama ini akan terus berlanjut di tahun-tahun yang akan datang.