Departemen THV Meriahkan Stand Bioresources Technology and Veterinary dalam The 10th Global RCE Conference and Exhibition 2016

img_0110

UGM menjadi Tuan Rumah Global Regional Center of Expeertise (RCE) Conference ke-10 yang diadakan pada tanggal 22-25 November di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian dari rangkaian Dies Natalis UGM ke-67. RCE Conference  merupakan kegiatan yang diadakan sejak tahun 2006 dan menjadi sarana untuk mempertemukan beragam stakeholder di bidang pembangunan berkelajutan mulai dari pemerintah, komunitas, industri, LSM, organisasi internasional, serta akademisi, untuk mendiskusikan strategi dalam mencapai masa depan yang berkelanjutan. Kegiatan ini juga menjadi ajang open campus bagi  fakultas  dan unit yang ada di daerah Yogyakarta untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas, lembaga pemerintahan, maupun swasta. Kegiatan tersebut diresmikan oleh Rektor UGM.

Departemen Teknologi Hayati dan Veteriner (THV) Sekolah Vokasi UGM yang diketuai oleh Prof. Dr. drh. Ida Tjahjati, MP sebagai salah satu departemen unggulan di Sekolah Vokasi UGM turut berpartisipasi dalam RCE exhibition. Stand Departemen THV “Bioresources Technology and Veterinary, Vocational College, UGM” melakukan proses knowledge sharing kepada masyarakat luas yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Departemen Teknologi Hayati dan Veteriner terutama 3 program studi yaitu Pengelolaan Hutan, Agroindustri dan Kesehatan Hewan. Masyarakat dapat berinteraktif secara langsung mengenai informasi terkini program studi di Departemen THV.

Stand Bioresoures Technology and Veterinary menampilkan berbagai poster penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan oleh para dosen maupun mahasiswa departemen Teknologi Hayati dan Veteriner. Koordinator stand Bioresoures Technology and Veterinary, Dr. Nurulia Hidayah, S.Pt., MP mengatakan bahwa stand ini dirancang untuk menampilkan produk hasil dari pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen dan mahasiswa Sekolah Vokasi Departemen THV UGM sebagai hasil karya di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga dapat diperkenalkan baik di kalangan akademik maupun masyarakat umum baik dalam negeri maupun mancanegara. Produk hasil dari pegabdian masyarakat seperti coklat, mentega dari buah kakao, yoghurt dengan varian rasa salak, jambu dan nangka, serta pupuk Organik dengan jamur Tricoderma sp turut serta ditampilkan dalam exhibition. Pengunjung yang datang dapat mencoba coklat hasil pengolahan dari buah kakao dan juga berkesempatan untuk mendapatkan doorprize berupa bibit pohon jati unggul pertanian, pupuk organik dengan jamur Tricoderma sp dan Yoghurt.

Pengunjung yang turut serta memeriahkan stand Bioresoures Technology and Veterinary berjumlah 269 orang mulai dari kalangan siswa Sekolah Dasar, SMA, akademisi, LSM, pemerintah baik tingkat kabupaten, propinsi maupun pusat, bahkan dari perwakilan anggota RCE di seluruh dunia baik dari Malaysia, Afrika, Spanyol, Finlandia, Jepang bahkan Rusia. Salah satu pengunjung dari RCE Belarus “Irina Semko” menyampaikan ketertarikannya mengenai kakao dan proses pembuatan produk coklat serta yoghurt. Suharto dari Balai Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul berharap ke depannya dapat bersinergi dengan Departemen Teknologi Hayati dan Veteriner. Harapan Departemen Teknologi Hayati semoga dengan memeriahkan RCE Exhibition ini dapat menjalin Network dan dapat bersinergi mulai dari akademisi, pemerintah, komunitas, industri, LSM, maupun organisasi internasional dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

img_0087