Dianggap Potensial, SV UGM Gelar Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual Bagi Para Dosen dan Mahasiswa

foto-hki

Sekolah Vokasi UGM bekerja sama dengan Direktorat Penelitian UGM menggelar kegiatan Sosialisasi Kekayaan Intelektual Bagi Dosen dan Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM. Acara yang berlangsung pada tanggal 24 November 2016 ini turut menghadirkan 3 pembicara yaitu Ir. Sussilo Wardoyo selaku pemeriksa Paten dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Teuku Faisal Fathani dari Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik UGM yang telah mendapatkan 5 buah paten tentang sensor pemantau dan sistem peringatan longsor pada tahun 2015 lalu, serta Dr. Drs. Mercy marvel, SH., M.Si selaku Kasubdit pemeriksaan paten Kementerian Hukum dan HAM.

Ir. Sussilo Wardoyo mengawali diskusi dengan memaparkan materi tentang konsep dasar kekayaan intelektual. Kekayaan intelektual merupakan hak yang timbul dari hasil olah pikir, karsa, rasa, manusia yang menghasilkan suatu proses atau produk barang dan atau jasa yang berguna bagi manusia itu sendiri.

Menurut Sussilo, Kekayaan intelektual  di perguruan tinggi dapat memberikan nilai ekonomis baik bagi dosen maupun bagi institusi.

Bidang kekayaan intelektual dibedakan menjadi hak cipta, paten, desain industry dan merek. Subyek hak cipta adalah pencipta, paten adalah inventor, desain industry adalah pendesain dan merek subyeknya adalah pedagang/pengusaha/pemilik merek. Sementara obyek untuk hak cipta adalah seni, sastra dan ilmu pengetahuan, paten adalah invensi teknologi yang berupa proses dan alat, sedangkan desain industry adalah desain penampilan produk dan merek adalah symbol barang perdagangan dan jasa.

Dosen dan mahasiswa Sekolah Vokasi UGM yang menjadi peserta sosialisasi tersebut sangat antusias mendengarkan pemaparan dari para narasumber. Dosen dan Mahasiswa dianggap sangat potensial untuk mendapatkan hak kekayaan intelektual. Hal tersebut berdasarkan pada banyaknya temuan-temuan hasil penelitian yang telah diseminarkan oleh para dosen Sekolah Vokasi di Seminar Nasional Teknologi Terapan 2016 yang diselenggrakan SV UGM.