Perkuat Mutu Pendidikan Vokasi, SV UGM Hadiri RAKERNAS FPTVI 2017

Sekolah Vokasi UGM turut menghadiri acara Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) yang diselenggarakan di Universitas Udayana Bali, pada tanggal 9-10 Februari 2017. Rombongan dari SV UGM diwakili oleh Dekan dan Ketua Departemen SV UGM mengikuti serangkaian kegiatan seminar dan Rapat Kerja Nasional tersebut.

Kegiatan yang turut dihadiri oleh lebih dari 70 PTN dan PTS se Indonesia ini menghadirkan Adam Pamma selaku representative Senior Experten Service (SES) untuk Indonesia. Adam Pamma mengambil tema diskusi tentang ‘Best Practice Penelitian terapan berbasis inovasi dan sinergi antara Pendidikan Tinggi Vokasi, Industri dan Pemerintah di Negara Jerman.’ Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc.,Ph.D., selaku Dekan SV UGM menjadi moderator dalam sesi tersebut.

Wikan menyampaikan bahwa pendidikan vokasi dianggap strategis, sehingga kedepannya di UGM akan membentuk program studi baru yang fokus pada tingkat sarjana hingga pascasarjana terapan.

Sementara dihari kedua FPTVI, menghadirkan dua orang narasumber yakni dari Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja RI, dengan mengambil tema diskusi ‘Sinergi Pelatihan untuk Uji Kompetensi Menjawab Kebutuhan SDM Terampil’. Direktur Vocational Develompment Center (VDC) SV UGM, Ir. Hotma Prawoto, M.T., IP-Md., yang dulu juga sempat menjabat sebagai Ketua FPTVI pertama kali, menjadi moderator dalam sesi tersebut. Dilanjutkan sesi berikutnya yaitu dengan Narasumber Ketua BNSP, dengan mengambil tema ‘Sertifikasi Kompetensi Lulusan Vokasi UNISTA dalam Menjawab Link and Match Industri Jasa dan Manufaktur”.

Dipenghujung acara, kegiatan dilanjutkan dengan rapat pleno penyusunan program kerja FPTVI. Program kerja yang telah disepakati bersama antara lain adalah rencana rekrutmen bersama penerimaan Mahasiswa Baru SV, menggelar olimpiade SV dan rencana pembuatan jurnal bersama se Indonesia.

Tinggalkan Balasan