Serius Siapkan SDM Handal Bidang Transportasi, SV UGM Tandatangani MoU dengan STPI Curug

IMG_8939

Senin (30/1), Sekolah Vokasi (SV) UGM melakukan kerjasama pendidikan dengan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug. Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) oleh Dekan SV UGM, Wikan Sakarinto, ST, M.Sc., Ph.D., dan Ketua STPI Curug Novyanto Widadi, S.Pi.

Wikan mengatakan, kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara Kementerian Perhubungan dengan UGM tentang Pengembangan SDM, Teknologi, dan Manajemen di Bidang Transportasi. Sebelumnya SV UGM sudah berkunjung ke STPI Curug (9/01/17) untuk mendiskusikan konsep kerjasama yang akan dijalin.

“SV tidak akan pernah lelah berinovasi, salah jika kita harus menunggu punya alat dulu baru action. Kata kuncinya adalah sinergi”, ungkap Wikan.

Sebagai perguruan tinggi kediknasan yang berada di bawah Departemen Perhubungan RI yang didirikan tahun 1952, STPI memiliki kurikulum dan ruang praktik yang sesuai dengan yang dibutuhkan SV UGM. Hal ini menjadi pertimbangan untuk memantapkan niat menjalin kerjasama.

Konsep kerjasama yang dijalin adalah dengan mengirim mahasiswa SV UGM untuk belajar di STPI dalam jangka waktu tertentu (semester). Program studi (prodi) yang nantinya bisa kerjasama dengan STPI adalah prodi Teknik Elektro dan Informatika, Teknik Sipil, dan Teknik Mesin. Hal ini selaras dengan tujuan pimpinan SV UGM untuk membuka konsentrasi baru dibidang perawatan mesin alat berat.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua STPI, Novyanto mengungkapkan, kerjasama ini akan dijadikan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia penerbangan yang bermutu tinggi di Indonesia.

Setelah penandatanganan MoU, seluruh tamu undangan melanjutkan acara dengan mengunjungi laboratorium-laboratorium teknik yang berkaitan

IMG_8942

Tinggalkan Balasan