Setelah Siapkan Komunitas Mapres, SV UGM Bentuk Komunitas Dosen Pembimbing PKM

 

Jumat (17/2), Mendukung upaya Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Ditjen Dikti, dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa di Perguruan Tinggi melalui Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Sekolah Vokasi (SV) UGM membentuk Komunitas Dosen Pembimbing PKM.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Agus Nugroho, S.T.,M.T., mengungkapkan bahwa secara kuantitas jumlah proposal PKM yang diunggah oleh Mahasiswa SV UGM sudah cukup banyak setiap tahunnya, namun dari segi kualitas masih perlu diasah dan diarahkan lagi, terutama oleh para Dosen Pembimbingnya, mengingat dari sekian banyak proposal yang diunggah hanya sekian persen yang lolos hingga didanai dikti.

Agus juga menyampaikan bahwa sebelumnya SV UGM sudah membentuk 2 komunitas untuk mahasiswa terlebih dahulu, yaitu Komunitas Mahasiwa Berprestasi (Mapres) dan Komunitas Penalaran Mahasiswa. Mengingat jumlah Mahasiswa Baru (Maba) SV UGM yang cukup besar yaitu sekitar 2300 Maba setiap tahunnya, hal ini tentu menjadi potensi yang luar biasa bagi SV UGM.

“Mahasiswa kerap mengalami kesulitan dalam mendapatkan Dosen Pembimbing PKM, untuk itu harapan dengan dibentuknya komunitas ini dapat mempermudah dan meningkatkan semangat mahasiswa dalam berkompetisi di PKM,” ungkap Agus.

Acara yang mengundang lebih dari 100 Dosen SV UGM, turut menghadirkan Maun Budiyanto, S.T., M.T., sebagai narasumber. Maun memaparkan 7 bidang PKM, serta mengungkapkan bahwa PKM telah menjadi jati diri Universitas.

“Tidak cukup lolos sampai didanai dikti, tapi juga jadi juara di PIMNAS,” ujarnya.