Siapkan Mahasiswa Berprestasi, SV UGM Bentuk Komunitas Penalaran Mahasiswa

Jumat, 3 Februari 2017 Sekolah Vokasi (SV) UGM mengadakan kegiatan First Gathering Komunitas Penalaran SV UGM 2017. Bertempat di Ruang Sidang 225, kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa mahasiswa dari program studi yang berbeda di SV UGM, diantaranya adalah 7 orang dari perwakilan Komunitas Mahasiswa Berprestasi (KOMMAPRES) SV UGM, dan 10 orang dari perwakilan PKM Corner SV.

Pembentukan komunitas penalaran SV UGM ini berfungsi untuk memfasilitasi seluruh kreativitas mahasiswa. Komunitas ini diharapakan menjadi wadah bagi seluruh mahasiwa SV untuk mengembangkan kreativitas melalui berbagai macam perlombaan.

“Dari skala 100%, mahasiswa mempunyai tugas 90% untuk kuliah, belajar, mengerjakan tugas, dan 10% untuk berorganisasi serta mengembangkan softskill,” ungkap Fitri Damayanti Berutu, SE., SS., M.Sc., selaku Asisten Wakil Dekan Bidang Akademik Kemahasiswaan SV.

Fitri juga menambahkan bahwa waktu 24 jam dalam sehari harus bisa di manfaatkan dengan sebaik mungkin, dan sangat disayangkan jika dalam 24 jam ini mahasiswa hanya membuang waktunya untuk bermain gadget dan melakukan aktivitas yang kurang bermanfaat. Dengan dibentuknya komunitas ini, mahasiswa diharapkan dapat memgembangkan softskill serta mempunyai semangat yang tinggi untuk berprestasi. Karena untuk berkembang itu tidak mudah, proses harus dibangun secara bertahap dan dengan skala waktu yang cukup lama.

First gathering ini berlangsung untuk menentukan rencana jangka panjang tentang bagaimana program kerja yang akan dijalankan oleh KOMMAPRES dan PKM Corner SV ke depan. Fasilitas yang diberikan meliputi informasi persuasif untuk mensinergikan kepada seluruh Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM bahwasannya seluruh mahasiswa harus bisa memberikan prestasi, baik itu prestasi untuk dirinya sendiri atau untuk mengharumkan nama Sekolah Vokasi UGM seperti gerakan sosialisasi, roadshow ke departemen – departemen, dan kerjasama dengan Keluarga Mahasiswa Departemen (KMD). Komunitas ini juga sudah difasilitasi satu ruangan baru yang diharapkan dapat dimanfaatkan bagi pengurus dari komunitas penalaran ini.

KOMMAPRES dan PKM Corner diharapkan menjadi wadah bagi mahasiswa yang dapat melahirkan mahasiswa yang berprestasi, kreatif, memiliki daya saing tinggi, santun dalam berperilaku dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Selanjutnya, mahasiswa yang hadir telah berkomitmen untuk menjadi bagian dari agen penggerak peningkatan prestasi untuk dirinya dan mahasiswa lain.