SIAVO, Aplikasi Database untuk Alumni SV UGM

IMG_8963

Kualitas sebuah Universitas dapat dinilai salah satunya berdasarkan produk akhirnya, yaitu para lulusan atau alumninya. Pentingnya untuk mengetahui sebaran alumni Sekolah Vokasi (SV) UGM, khususnya dalam hal kehidupan bermasyarakat membuat SV UGM merancang sebuah aplikasi yang bisa membantu melacak jejak alumni (SV) khususnya memonitoring lulusan SV ketika memasuki dunia kerja.

SIAVO, adalah nama aplikasi yang dibuat oleh Jazaa, Theo, dan  Ilman Mahasiswa UNDIP yang sedang mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SV UGM. Sesuai dengan konsentrasi program studi yang diambil yaitu pengembangan software, mereka membuat aplikasi ini sebagai program kerja utamanya selama PKL.

“Untuk membantu mengumpulkan data alumni baik yang fresh graduate atau bukan tentunya membutuhkan sistem, sehingga kami membuat aplikasi untuk mempermudah melacak jejak alumni,” kata Theo.

Aplikasi yang dibuat ini selain untuk mempermudah pembuatan treasure study  juga bisa mengetahui alumni yang belum memperoleh pekerjaan sehingga diharapkan nanti setiap ada lowongan pekerjaan bisa disampaikan langsung melalui sms blaster atau email.

“Meski sekarang aplikasi belum bisa digunakan oleh user, di wisuda periode Mei 2017 kami usahakan aplikasi siap untuk dilauncing”, tambah Joni Iskandar selaku staff Bidang Kerjasama, Alumni dan Rencana Strategik.

Joni mengatakan aplikasi ini nantinya akan dikirimkan melalui email pribadi masing-masing alumni, bisa juga diakses di laman website sv.ugm.ac.id dan alumni.sv.ugm.ac.id.

“Pengoprasian SIAVO cukup mudah, cukup login dengan nama dan tanggal lahir user bisa mengisi form yang sudah disediakan”, tuturnya.

Meski PKL hanya bermaksud selama satu bulan, mulai tanggal 2-31 January 2017, SIAVO perlu diapresiasi karena sangat membantu dalam pengumpulan database alumni. Semoga dalam pengoprasiannya nanti berjalan dengan baik.

Komentar (1)

  1. Arief Nur Prakoso 7 tahun lalu

    Mantap jiwa