Overview Writing Workshop; Upaya Sekolah Vokasi Tembus Jurnal Internasional

Senin (29/03/17), Publikasi jurnal secara internasional sangat diperlukan oleh setiap civitas akademika di era teknologi informasi yang modern ini. Setiap akademisi tidak hanya menciptakan karya-karya ilmiah yang baru, namun juga dituntut untuk mendeseminasikan/memanfaatkan karya-karya tersebut. Jenis karya ilmiah yang dapat dipublikasikan adalah jurnal, baik nasional maupun internasional. Dalam rangka mendukung dan menambah pengetahuan civitas akademika tentang pembuatan jurnal internasional, Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Sekolah Vokasi UGM menggelar “Overview Writing Workshop”.

Workshop ini bertujuan untuk membangkitkan motivasi akademisi dalam menulis karya ilmiah serta mempublikasikannya. Selain itu, dalam workshop tersebut diberikan tips dan trik khusus dalam menembus publikasi pada jurnal internasional dengan menghadirkan satu pembicara utama yakni Dr. Digby Race dari  Associate Professor di University of Sunshine Coast, Australia.

Bertempat di Ruang 225 Gedung Iso Reksohadiprojo workshop dihadiri oleh civitas akademika Dosen Sekolah Vokasi UGM dan Dosen Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang. Overview Writing Workshop berlangsung sangat aktif dan mendapat antusiasme dari para peserta.

Workshop yang berlangsung selama lima jam ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat SV UGM Dr. Silvy Nur Oktalina. Silvi menjelaskan bahwa workshop ini memiliki dua sesi, ada presentasi dan diskusi sesi. Narasumber, Dr Digby menjelaskan banyak informasi tentang bagaimana menulis jurnal dan langkah-langkah untuk tembus jurnal internasional. Dalam sesi diskusi ada banyak pertanyaan dari para peserta, dan Dr. Digby dengan bijak menjawab semua pertanyaan dan memastikan semua peserta mengerti tentang semua pengetahuan dan informasi yang telah ia sampaikan. Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada para peserta dan foto bersama.