Perkuat Kompetensi, Mahasiswa Diploma Kesehatan Hewan SV UGM Kunjungi Balai Karantina Semarang

Program Studi Diploma Kesehatan Hewan (DKH) Departemen Teknologi Hayati dan Veteriner (DTHV) Sekolah Vokasi (SV) UGM melakukan kunjungan ke Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang (16/03/2017). Kunjungan tersebut dilakukan sebagai salah satu rangkaian acara praktikum mata kuliah wajib Kekarantinaan.

Diikuti oleh 84 praktikan dari mahasiswa angkatan 2015 yang juga didampingi oleh dosen dan laboran prodi DKH, kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang, Ir. Heru Wahyupraja, M.Sc., beserta dengan jajaran pegawai balai. Heru Wahyupraja memaparkan tentang tugas dan fungsi Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang sebagai salah satu Unit Pelayanan Teknis (UPT) Badan Karantina Pertanian yang melaksanakan tugasnya di Jawa Tengah.

“Nama Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang merupakan nama baru pasca integrasi antara BKH Kelas I Tanjung Emas dengan BKT Kelas I Tanjung Emas,” jelasnya.

Selain Heru, medik veteriner Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang juga turut menyampaikan materi tentang dokumen kekarantinaan, prosedur karantina, hama, dan penyakit hewan karantina (HPHK) dan media pembawa HPHK, serta instalasi karantina hewan.

Mahasiswa tampak semangat dan antusias menerima materi yang disampaikan, terlihat dari adanya diskusi interaktif antara mahasiswa dengan pemateri untuk mengetahui lebih jauh tentang peran dan fungsi balai karantina dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di bidang karantina hewan dan tumbuhan.

Selain mengunjungi Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang, mahasiswa DKH berkesempatan untuk melakukan kunjungan lapangan di pelabuhan bagian pemeriksaan barang masuk dari luar negeri Semarang. Harapannya dengan adanya praktikum lapangan tersebut Mahasiswa dapat melihat dan mengenal langsung kondisi dunia kerja serta dapat memberikan pengalaman dan menambah wawasan.