SV UGM Gelar Workshop Hilirisasi dan Teknologi Tepat Guna

Selasa (28/02/2017), Universitas Gadjah Mada sebagai perguruan tinggi negeri yang berbasis penelitian yang unggul memacu para civitas-akademisinya untuk memperdalam dan memperkaya capaian penelitian. Diperlukan kesiapan produk dan industri Indonesia untuk berkompetisi dan berdaya saing. Penguasaan Teknologi menjadi kunci untuk membangun kekuatan daya saing agar menghasilkan produk bernilai tambah ataupun memberikan keunggulan kompetitif.

Di acara Workshop dan Sosialisasi Pendataan Penelitian Civitas UGM dalam Rangka Hilirisasi Riset dan Teknologi Tepat Guna yang diselenggarakan tanggal 28 Febuari 2017 di ruang SV 225 dan dihadiri oleh sekitar 40 peserta yang terdiri dari akademisi dan investor, saling bersinergi untuk mengambil langkah nyata untuk memperkuat teknologi tepat guna.

Tema “Peran Universitas dalam kemajuan bangsa berbasis hilirisasi riset dan teknologi tepat guna” diusung tim hilirisasi riset dan teknologi tepat guna didampingi oleh Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM semangat melakukan pendataan penelitian dan kajian penilaian.

Dalam sambutannya, Dekan SV UGM Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D menyatakan bahwa tahapan pendataan penelitian-penelitian civitas UGM yang nantinya akan dievaluasi dengan standar TRL dan disimpan dalam database penelitian UGM. SV memiliki roadmap research dan community services yang harus diketahui dan dimengerti semua dosen.

“Workshop ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari civitas UGM yang nantinya akan digunakan  sebagai “guidance policy” oleh tim hilirisasi riset dan TTG, PUI, dan UGM,” tambah Alif Subardono, S.T., M.Eng. selaku Koordinator Database Hilirisasi Riset dan TTG SV UGM dalam sambutannya.

Dalam acara yang dimoderatori oleh Yosephus Ardean, S.T., M.Eng ini berkesempatan melakukan diskusi panel dengan menghadirkan tiga pemapar presentasi yaitu Dr. Endang Soelistyowati, M.Pd, Handoko, S.T., M.T, dan Budi Sumanto, S.Si., M.Eng. 

Acara yang dihadiri oleh Pelaksana Tugas Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Alumni dan Hubungan Internasional Dr. Silvi Nur Oktalina ini PUI UGM yang diwakilkan oleh Sang Kompiang Wirawan, S.t., M.T., Ph.D. sebagai narasumber ini mengungkapkan bahwa pihaknya siap membantu dan menjembatani produk register dari SV UGM untuk didaftarkan ke Badan Pengawas. Hal ini perlu menjadi perhatian lebih karena jika produk sudah terdaftar dan berlisensi, ini akan menghindari plagiarism.

Diharapkan dengan diselenggarakannyan acara ini dapat lebih mendorong semangat para peneliti civitas UGM untuk terus berinovasi menciptakan produk-produk teknologi tepat guna yang bernilai komersial, ramah lingkungan dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan