Tak Henti Berinovasi, Sekolah Vokasi Sosialisasikan Penilaian Angka Kredit Dosen

Kamis (23/03/17), Jabatan fungsional dosen pada dasarnya merupakan pengakuan, penghargaan, dan kepercayaan atas kompetensi, kinerja, integritas, dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas tridharmanya. Di samping itu dengan jabatan fungsional ini diharapkan juga dapat berfungsi sebagai insentif non materi bagi dosen untuk bekerja lebih giat, kreatif, dan lebih baik lagi. Oleh karena itu standar, tata cara, dan prosedur penilaian seyogyanya sejalan dan bersifat kondusif bagi terciptanya insentif dimaksud di atas.

Berkaitan dengan hal tersebut pada hari Rabu, 22 Maret 2017 bertempat di Ruang 225 Gedung Isorekso Hadiprodjo, melalui Unit Bidang Keuangan, Aset, dan Sumber Daya Manusia (SDM-AK)  Sekolah Vokasi UGM mengadakan workshop dalam rangka “Sosialisasi Penilaian Angka Kredit”.

Hadir dalam workshop ini Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset, dan Sumber Daya Manusia Faiz Zamzami, S.E., M.Acc., QIA beserta Asisten WD SDM-AK, Nabella Duta Nusa, M.Acc., Dalam sambutannya Faiz menyampaikan, bahwa SV memerlukan rekan-rekan dosen untuk naik pangkat, bukan hanya untuk individu dosennya melainkan untuk data lembaga dalam berbagai keperluan.

“Terhitung sampai 1 Januari 2017, sebanyak 39% dosen Sekolah Vokasi belum naik pangkat lebih dari 10 tahun”, ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Dekan Sekolah Vokasi UGM Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D dalam pembukaannya menambahkan bahwa untuk memotivasi dosen naik jabatan, maka secara khusus workshop ini diadakan untuk mempersiapkan Sekolah Vokasi di masa depan.

“2022 Sekolah Vokasi harus mandiri, karena the future picture of us,” pungkasnya.

Workshop yang dihadiri oleh dosen lingkup SV UGM ini menghadirkan pemateri dari Direktorat Sumber Daya Manusia UGM yang diwakili oleh Ibu Aries Tati, S. IP., selaku Seksi Mutasi Dosen. Pada kesempatan ini Aries Tati memaparkan administrasi kenaikan pangkat dosen yang harus dipenuhi untuk kepentingan naik jabatan.

“Saya tekankan kepada rekan-rekan, selain angka kredit kumulatif yang penting untuk dipersiapkan adalah jurnal nasional maupun internasional sebagai penulis pertama,” tegasnya.

Didukung dengan pemateri yang kompeten di bidangnya, diharapkan para dosen di lingkungan Sekolah Vokasi UGM dapat memahami peraturan terbaru tentang penilaian angka kredit, sehingga mampu menyusun berkas kenaikan jabatan fungsional dosen sesuai peraturan yang berlaku.