VDC SV UGM Kembali Menggelar Pelatihan Manajemen Persuratan Secara Elektronik (Aplikasi E-Surat)

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah penting untuk mempermudah perkerjaan dalam berbagai bidang, dalam dunia kearsipan yang selama ini hanya berkutat pada kertas, kini juga mulai beralih pada pemanfaatan teknologi sebagai alat untuk mengolah, mengakses, dan penyebaran serta pelestarian arsip. Kemudahan pengarsipan untuk kembali diakses secara online dan pencarian surat juga lebih cepat jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Oleh karena itu Vocational Development Center (VDC) Sekolah Vokasi UGM bekerjasama dengan Program Studi Kearsipan Sekolah Vokasi UGM Menyelenggarakan Pelatihan “Manajemen Persuratan Secara Elektronik (Aplikasi E-Surat) pada Selasa – Rabu, 28 Februari – 01 Maret 2017 di Fave Hotel Kotabaru Yogyakarta.

Kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 23 peserta dari Pemerintah Daerah, Rumah Sakit dan BUMN diantaranya adalah BKD Boyolali, BKD Batang, Rumah Sakit Dr. Karyadi, RS Banyumanik Semarang, BKD Salatiga, PTPN VI Jambi, PTPN  IV Medan, Sekda Kaur Bengkulu, RS PKU Muhammadiyah Sruweg, BKD Trenggalek, BKD Pacitan, BKPSDM Kranganyar, BBPPTP Surabaya, Pemda Bandung, Dinkes Ngawi. Pelatihan ini di buka secara langsung oleh Faiz Zamzami, S.E., MAcc., QIA selaku Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan SDM Sekolah Vokasi UGM. Faiz menyampaikan bahwa instansi harus sudah mulai menerapkan persuratan secara elektronik, agar lebih efisien dan mengurangi penggunaan kertas sehingga biaya lebih murah, selain itu memudahkan pengadministrasian persuratan karena semua dokumen akan ter-back up dengan baik.

“Kegiatan pelatihan ini telah diselenggarakan secara rutin dan diharapkan bermanfaat di instansi para peserta pelatihan,” ungkap Faiz.

Pelatihan manajemen persuratan ini ditutup dengan melakukan kunjungan ke Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta di Jalan Letjen Suprapto No. 33 A Ngampilan Yogyakarta.

Kabid. Perlindungan Penyelamatan Data dan Informasi, Nursigit Edi Putranta, SIP, menerima kunjungan dan menyambut secara langsung rombongan dari peserta pelatihan manajemen persuratan VDC SV UGM. Selain itu, para peserta pelatihan juga mendapat informasi tentang pengelolaan Arsip di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan