SV UGM Prakarsai Pelatihan; “Kepala Kapal Mesin” (KKM) di Rembang Jawa Tengah

Senin (10/04/17), Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian. Sekolah Vokasi UGM sebagai program ilmu terapan dengan bidang ilmu dan keahlian yang beragam dituntut untuk senantiasa dapat turut serta memikirkan dan membantu meningkatkan taraf kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.

Bertempat di Gedung KUD, Desa Krangharjo, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang hari Kamis, 6 April 2017 Sekolah Vokasi (SV) UGM bekerjasama dengan PIP (Politeknik Ilmu Pelayaran ) Semarang, HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Rembang, dan UPP (Unit Pelabuhan Pantai) Rembang berhasil menyelenggarakan Pelatihan Bagi Kepala Kamar Mesin Untuk Kapal Motor Nelayan DWT <30 GT sebagai bentuk pengabdian masyarakat SV UGM.

Hadir sebagai perwakilan dari SV UGM Harjono, S.T., M.T., Lava Himawan, S.T., M.T., dan Apris Wijantoro memberikan penyuluhan mengenai pelatihan mesin diesel, perawatan mesin diesel dan kelistrikan kapal.

Dimulai pukul 08.30 WIB dan dihadiri oleh 130 anggota HNSI Rembang acara terus berlanjut dengan materi Keselamatan Kerja yang disampaikan oleh Adi Oktavianto, S.T., M.M., Pengoprasian Mesin Diesel Kapal oleh Amad Narto, M/Pd, M.Mar.E dan Pompa Bahan Bakar oleh Kundori,S.ST. Usai istirahat dan makan siang acara dilanjutkan oleh perwakilan PIP Marine Inspector Prihatno, SH, dan Ahli Ukur Kapal Aris Widodo, S.H.

Ditemui di ruang Humas Lava menyatakan bahwa pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pelatihan kepada para calon Kepala Kamar Mesin (KKM).

“Yang ikut pelatihan ini mempermudah mereka untuk mendapat sertifikat Syarat Kecakapan Khusus (SKK) sebagai KKM, yang dulunya mereka harus jauh-jauh ke Batang atau Sulawesi untuk dapat sertifikat;” ungkapnya.

Mengingat pentingnya fungsi KKM sebagai penanggung  jawab atas efisiensi dan disiplin kerja pada bagian mesin maka bentuk pengabdian ini dirasa sangat manfaat terlebih diselenggarakan di Rembang Jawa Tengah yang terkenal dengan kawasan pelabuhannya.

Tinggalkan Balasan