Penelitian

Sekolah Vokasi merupakan lembaga pendidikan tinggi terapan yang bertumpu pada ketrampilan dan keahlian terapan tertentu di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta menghasilkan penelitian terapan dan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Penelitian  yang berkesinambungan dilakukan melalui upaya-upaya yang gigih guna meningkatkan kualitas Sekolah Vokasi sebagai lembaga pendidikan terdepan. Dengan demikian, pengembangan  riset, teknologi, dan kualitas akademik dapat lebih dipersiapkan menuju masyarakat mandiri dan unggul.

Selain itu, beberapa karya yang dihasilkan dari penelitian yang diselenggarakan oleh Sekolah Vokasi UGM diharapkan menjadi indikator dinamika dan komitmen civitas akademika terhadap pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang sekaligus merupakan daya dukung terhadap munculnya karya-karya penelitian yang lebih berkualitas dan layak publikasi di tingkat nasional maupun internasional.

Program penelitian dilaksanakan dalam rentang waktu 7 bulan. Rangkaian proses penyusunan, pelaksanaan, dan implementasi hasil riset dilaksanakan sesuai dengan panduan yang sudah disusun oleh Sekolah Vokasi UGM.

Di bulan November Sekolah Vokasi rutin mengadakan Seminar Nasional Teknologi Terapan  (SNTT) yang diikuti oleh dosen internal SV UGM dan eksternal dari dosen diseluruh perguruan tinggi di Indonesia. SNTT  merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Sekolah Vokasi UGM dalam rangka mewadahi hasil penelitian agar terinformasikan ke masyarakat luas. Pada seminar ini dipresentasikan hasil – hasil penelitian dari institusi diluar UGM (http://sntt.sv.ugm.ac.id).