VDC

Vocational Development Center (VDC)

“VDC merupakan pusat informasi dan pengembangan karir terpercaya yang berada langsung di bawah Fakultas SekolahVokasi UGM”

 

VDC berdiri sejak tahun 2013. VDC merupakan sebuah lembaga yang memberikan pelayanan untuk pengembangan keahlian dan keterampilan sumberdaya manusia dan organisasi diberbagai bidang, dalam bentuk pelatihan (training center) dan pengembangan karir (career center) serta berbagai layanan pendukungnya. VDC Sekolah Vokasi UGM merupakan entitas pendukung dalam rangka menciptakan lulusan tenaga terampil dengan dunia kerja. Berikut ini adalah berbagai layanan yang disediakan oleh VDC SV UGM.

  1. Persiapan karir. Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi diri lulusan agar bisa memasuki dunia kerja sebagai tenaga siap pakai. Kegiatannya dalam bentuk seminar dan pelatihan pengembangan karir diberikan secara rutin oleh praktisi dunia kerja agar lulusan bisa mendapatkan gambaran tentang persiapan kerja yang harus dilakukan. Pada kegiatan ini peran alumni lama SV untuk berbagi pengalaman di dunia kerja menjadi perhatian utama.
  2. Program rekrutmen/bursa kerja. Proses pengadaan calon karyawan dari pemasangan iklan lowongan pekerjaan sampai dengan penyediaan kandidat sesuai dengan syarat yang dibutuhkan perusahaan. Bursa kerja online adalah bursa kerja yang memanfaatkan teknologi informasi dalam mempertemukan / memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dan pemberi kerja/pengguna tenaga kerja (perusahaan) melalui situs web vdc.sv.ugm.id.
  3. SV Career & Industrial Expo. Layanan ini antara lain informasi karir bagi alumni mahasiswa Sekolah Vokasi, mahasiswa UGM dan dari luar UGM. Bentuk layanan lainnya adalah Rekrutmen, Seleksi,  layanan data alumni, sms gate way dan expo perusahaan yang dilaksanakan rutin setiap semester menjelang wisuda.
  4. Tracer Study. Kegiatan ini merupakan studi pelacakan jejak lulusan / alumni Sekolah Vokasi UGM. Tracer Study bertujuan untuk menggali masukan-masukan dari tempat kerja para alumni SV UGM. Hasil tracer study menunjukan lulusan Sekolah Vokasi cepat terserap dalam dunia kerja.

 

Visi

Menjadi lembaga yang terkemuka dalam pengembangan potensi bangsa untuk Indonesia yang lebih baik.

Misi

  1. Menyelenggarakan pelatihan dan peningkatan kompetensi untuk menghasilkan SDM yang professional dan kompeten di bidangnya.
  2. Menyelenggarakan pengembangan dan pembinaan karir sumber daya manusia profesional.
  3. Menyelenggarakan kerjasama penelitian terapan, jasa konsultasi, dan kerjasama lainnya dengan para pemangku kepentingan.

 

Manajemen

Penanggung Jawab   

Dekan Sekolah Vokasi UGM            Wikan Sakarinto, S.T., M. Sc., Ph. D

Direktur VDC                                    Ir. Hotma Prawoto Sulistyadi , M. T., IP. Md.,

Bidang Career Center                      Dewinda Novitasari, S.T
                                                          Yoga Dwi Hastono, A.Md

Bidang Training Center                   Edwin Hastawi Atmaja, A.Md
                                                          Reny Dwi Puspita, S. Ikom

Bendahara                                       Lista Wardhani. A.Md

 

Beberapa foto kegiatan VDC

This post is also available in: English