Sekolah Vokasi UGM Gelar Sosialisasi Sertifikasi Insinyur bagi Mahasiswa dan Alumni

Rabu, 22 Juni 2022, Sekolah Vokasi (SV) UGM menyelenggarakan acara Sosialisasi Sertifikasi Insinyur dengan menghadirkan narasumber Dr.Ir. Priyono Eko Sanyoto, IPU., sebagai Koordinator Majelis Uji Kompetensi Badan Kejuruan Mesin Kelompok Peneliti dan Akademisi Persatuan Insinyur Indonesia.

Dihadiri lebih dari 150 peserta yang terdiri dari Alumni, Mahasiswa, serta Dosen di SV UGM pada bidang keahlian Teknik (DTS, DTM, DTEDI, DTK, DTHV), acara sosialisasi diselenggarakan secara daring (online).

Kegiatan yang merupakan inisiasi dari bidang kerja sama dan alumni SV UGM, diselenggarakan dalam rangka menyiapkan portofolio sebagai persiapan proses sertifikasi profesi Insinyur bagi mahasiswa dan alumni di Sekolah Vokasi UGM.

“Berkaca pada pengalaman pengiriman mahasiswa SV UGM magang ke Hungaria di tahun 2020 yang belum mempersiapkan portofolio untuk proses sertifikasi insinyur, maka kegiatan ini diselenggarakan sebagai bekal bagi para mahasiswa dan alumni SV UGM” ungkap Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd. selaku Wakil Dekan bidang Kerjasama dan Alumni SV UGM.

Dalam sambutannya, Dekan SV UGM, Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, juga menyampaikan bahwa saat ini jumlah Insinyur di Indonesia masih sangat rendah, yaitu di angka 0,53% per 1000 populasi. Total Insinyur Profesional hanya 11.000 dengan Surat Tanda Registrasi Insinyur yang berlaku selama 5 tahun. Hal ini tentu menjadi peluang sekaligus tantangan bagi Mahasiswa dan Alumni SV UGM.

“Sertifikasi tidak hanya diartikan sebagai legalisasi, tapi peningkatan kemampuan menuju standar, sehingga diharapkan seluruh lulusan SV UGM selain memiliki sertifikasi profesi juga memiliki sertifikasi keahlian” ungkap Dekan SV UGM.

Paparan yang disampaikan oleh narasumber, Bapak Priyono Eko Sanyoto menjelaskan bahwa Program Profesi Insinyur adalah program pendidikan tinggi setelah program sarjana/sarjana terapan untuk membentuk kompetensi Keinsinyuran. Lebih lanjut, standar kompetensi Insinyur merupakan rumusan kemampuan kerja yang mencakup sikap kerja, pengetahuan, dan keterampilan kerja yang relevan dengan pelaksanaan praktik keinsinyuran.

Antusiasme peserta sosialisasi sangat tinggi atas terselenggarakannya acara tersebut, di mana peserta yang didominasi oleh alumni SV UGM ini memanfaatkan kesempatan yang ada untuk bertanya dan berdiskusi dengan narasumber. Harapannya dengan diselenggarakannya acara tersebut dapat memberikan informasi dan peluang, serta mendorong alumni SV UGM dapat segera mengikuti sertifikasi insinyur, sehingga dapat menyongsong perkembangan Indonesia emas di masa depan.

Video rekaman kegiatan sosialisasi sertifikasi insinyur dapat disaksikan ulang melalui link berikut: http://ugm.id/SosialisasiSertifikasi

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*