Sekolah Vokasi UGM Jajaki Kerja Sama dengan Fakultas Biologi UGM dalam rangka Penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Yogyakarta (21/6) – Dekan Sekolah Vokasi, Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, memenuhi undangan Dekan Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada dalam rangka diskusi penjajakan Kerjasama. Dalam kunjungan tersebut, Dekan Sekolah Vokasi yang didampingi oleh WD Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, WD Bidang Kerja Sama dan Alumni serta Manajer Kerja Sama, Pelatihan, dan Pengembangan Karir diterima oleh Dekan Fakultas Biologi, Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc. beserta jajaran Plt. WD Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, WD Bidang Keuangan, Aset, dan SDM, WD Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama dan Alumni, Ketua Departemen Biologi Tropika, dan Kepala Kantor Administrasi Fakultas Biologi UGM. Dalam sambutannya, Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono menyampaikan Sekolah Vokasi UGM menyambut baik undangan terkait penjajakan kerja sama dengan Fakultas Biologi UGM dan berharap ke depannya dapat menjalin kerja sama dalam banyak hal dalam rangka penguatan Tri Dharma kedua Fakultas.

Pertemuan diawali dengan pemaparan profil Fakultas Biologi UGM dilanjutkan dengan diskusi beberapa potensi kerja sama. Beberapa di antaranya adalah diskusi Kerjasama terkait pengelolaan Lab Lapangan Fakultas Biologi di pantai Porok di Kemadang Gunung Kidul, Museum Biologi UGM di Jl. Sultan Agung Wirogunan Yogyakarta, dan Taman Kupu-Kupu di Wisdom Park, Lembah UGM sebagai tujuan eduwisata di Yogyakarta. WD Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Wiryanta, S.T., M.T. menyampaikan peluang yang sangat bagus ini akan ditindaklanjuti oleh Center of Excellence (CoE) for Culture and Tourism yang merupakan salah satu CoE dari 11 yang ada di Teaching Industry Learning Center Sekolah Vokasi, di bawah koordinasi Manajer Kerja Sama, Pelatihan, dan Pengembangan Karir, Muhammad Sidiq Wicaksono, S.E., M.Sc. Selain itu ketiga area potensi eduwisata tersebut juga dapat dijadikan bahan Project Based Learning bagi mahasiswa Sekolah Vokasi UGM, khususnya Prodi Bisnis Perjalanan Wisata, Departemen Bahasa Seni dan Manajemen Budaya.

Pada kesempatan yang sama juga terdapat gagasan terkait kolaborasi dalam penyelenggaraan summer course yang menawarkan tidak hanya wawasan dan pemahaman, tetapi juga pengalaman terkait biodiversity yang ada di Indonesia. Peluang kolaborasi ini akan dijajaki lebih lanjut oleh WD Kerja Sama dan Alumni yang juga membawahi Kantor Urusan International di Sekolah Vokasi UGM, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd.

Dalam diskusi tersebut, peluang pelatihan dan peningkatan kapasitas SDM untuk staf tendik dan dosen di Fakultas Biologi juga dijajaki. Sekolah Vokasi UGM memiliki unit Pengembangan Karir yang bernama Vocational Development Center (VDC). Muhammad Sidiq Wicaksono, S.E., M.Sc. selaku Manajer VDC menyampaikan bahwa VDC siap menyediakan program pelatihan untuk pengembangan kompetensi SDM staf tendik dan dosen Fakultas Biologi, seperti e learning, google workspace dan kehumasan. Dekan Fakultas Biologi, Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc. juga menyampaikan Dosen Sekolah Vokasi UGM yang hendak melanjutkan studi ke jenjang S3, dapat melanjutkan S3 di Fakultas Biologi UGM. Pertemuan ditutup dengan kunjungan ke BioMart Fakultas Biologi UGM untuk melihat produk-produk dari Fakultas Biologi dan diskusi tentang pengelolaan BioMart.

Penulis: Erlin Estiana Yuanti
Foto: Humas SV

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*