Asosiasi Prodi Rekayasa Internet dan Komputer Jaringan Resmi Dideklarasikan

Asosiasi Program Studi Rekayasa Internet dan Komputer Jaringan (APRIJA) resmi dideklarasikan di Ballroom Gedung Teaching Industry Learning Center (TILC) SV UGM pada Selasa (9/8). Asosiasi ini terbentuk karena adanya kesamaan rumpun ilmu program studi sejenis di Indonesia.

Terdapat beberapa perguruan tinggi yang ikut serta dalam asosiasi ini antara lain Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Amamapare Timika, Universitas Bung Hatta, Politeknik Negeri Tanah Laut, dan Politeknik Payakumbuh.

Asosiasi Program Studi Rekayasa Internet dan Komputer Jaringan hadir dengan peranan penting dalam menciptakan sinergitas kurikulum secara nasional melalui kerjasama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian.

“Asosiasi ini terbentuk karena berkaca tahun lalu kita agak kesulitan untuk mengikuti kurikulum APTIKOM sehingga kita berpikir untuk ‘bagaimana caranya mendesain kurikulum yang lebih dekat dengan industri’, ungkap Koordinator kegiatan deklarasi APRIJA, Dr. Ronald Adrian, S.T., M.Eng. yang juga merupakan Ketua Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet Sekolah Vokasi UGM.

Kegiatan deklarasi APRIJA ini turut dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Vokasi, Ketua Departemen, Sekretaris Departemen, Ketua Program Studi, Kepala Laboratorium, Dosen, Tendik dan mahasiswa di lingkungan Departemen Teknik Elektro dan Informatika Sekolah Vokasi UGM.

Selain itu, hadir juga Ketua Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Padang, Ketua Program Studi Teknologi Rekayasa Internet PENS Surabaya, Koordinator Program Studi Teknologi Rekayasa Internet Politeknik Amamapare Timika, Ketua Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan Universitas Bung Hatta, Ketua Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan Politeknik Negeri Tanah Laut, Ketua APTIKOM Pusat, Ketua APTIKOM Yogyakarta, Direktur PT. SIMS, Technical Manager Asia Pacific Cisco, dan Ketua Prodi Teknologi Rekayasa Komputer Politeknik Payakumbuh.

Selain melakukan deklarasi, Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEDI) Sekolah Vokasi UGM yang menjadi tuan rumah kegiatan ini juga mengadakan seminar “Evolusi Internet (Networks, Services, Engineer’s Roles, and Research Opportunity)” dengan narasumber Direktur Life Media, Eka Indarto, S.T., M.Eng.

Penulis: Rafi Muflih Rabbani

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*