Departemen Teknik Mesin SV UGM Gelar “Sertifikasi Kompetensi Periodic Service Small Excavator” bersama LSP ABI

Departemen Teknik Mesin Sekolah Vokasi UGM Sukses Gelar Acara “Sertifikasi Kompetensi Periodic Service Small Excavator” bersama LSP ABI

Yogyakarta, 19 Mei 2023 – Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan bangga menggelar acara “Sertifikasi Kompetensi Periodic Service Small Excavator” bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Asosiasi Bisnis Indonesia (LSP ABI) pada tanggal 16 dan 17 Mei 2023. Acara yang didanai melalui Hibah Peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU) ini telah sukses meraih kesuksesan yang gemilang.

Sebanyak 21 mahasiswa UGM telah dinyatakan kompeten dalam sertifikasi ini. Mereka telah menunjukkan keahlian yang luar biasa dalam melakukan pelayanan rutin pada small excavator. Selama proses sertifikasi, mereka berhasil menguji kemampuan mereka melalui ujian teori, praktik, dan wawancara dengan hasil yang sangat memuaskan.

Tak hanya itu, keberhasilan acara ini juga turut melibatkan dua dosen UGM yang tak hanya lulus namun juga dinyatakan kompeten dalam sertifikasi ini. Keahlian yang mereka tunjukkan sebagai pendidik di UGM sangat mempengaruhi kualitas pembelajaran mahasiswa dan berperan penting dalam kesuksesan sertifikasi.

Walau dengan berbagai kekurangan, Universitas Gadjah Mada berhasil menjadi Tempat Uji Kompetensi Sewaktu untuk menggelar acara sertifikasi ini. Proses sertifikasi dilakukan dalam tiga tahap, yaitu ujian teori, praktik, dan wawancara. Ujian teori menguji pemahaman peserta terhadap prinsip dan konsep dasar yang terkait dengan pemeriksaan rutin (Periodic Service) pada small excavator. Sementara itu, ujian praktik menilai kemampuan peserta dalam melakukan pelayanan rutin secara langsung ke unit Small Excavator. Terakhir, wawancara bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman dan pendekatan peserta pemeriksaan rutin pada small excavator.

Sertifikat yang diberikan kepada peserta sertifikasi ini diharapkan menjadi bukti kompetensi mahasiswa dan mendukung dalam pengembangan karir mereka di sektor alat berat setelah mereka lulus.

UGM dan LSP ABI berharap acara “Sertifikasi Kompetensi Periodic Service Small Excavator” ini menjadi langkah awal yang berkelanjutan dalam menghasilkan tenaga ahli yang handal dan kompeten di bidang perawatan small excavator. Keberhasilan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi peserta sertifikasi, tetapi juga untuk perkembangan industri alat berat di Indonesia.

Bagi mahasiswa dan dosen UGM yang telah lulus dan dinyatakan kompeten, capaian ini menjadi bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras mereka dalam mengembangkan keahlian di bidang ini.

Semoga keberhasilan acara ini menjadi langkah awal yang baik dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja. UGM dan LSP ABI siap terus berkontribusi dalam mengembangkan kompetensi tenaga kerja Indonesia dan mendukung pertumbuhan industri nasional.

Tags: dtm lsp abi mesin