ABBA INSOLE, Inovasi Insole Safety Shoes Karya Mahasiswa UGM

Yogyakarta, Alat Pelindung Diri atau APD merupakan alat pelindung bagi pekerja khususnya pekerja konstruksi yang berinteraksi langsung dengan alat dan material yang membahayakan bagi keselamatan dan kesehatan kerja. Salah satu pelindung diri yang wajib digunakan yaitu Safety Shoes, yang berfungsi untuk melindungi kaki dari benda tajam, kejatuhan benda berat, serta lantai yang licin. Akan tetapi saat kami melakukan pengamatan di lapangan, beberapa pekerja terlihat memakai safety shoes yang tidak nyaman. Safety shoes yang digunakan kedap udara yang menyebabkan tidak ada sirkulasi udara sehingga kaki para pekerja mengeluarkan keringat berlebih. Untuk mengatasinya, mereka menggunakan plastik atau kantung semen untuk melindungi telapak kaki dari keringat berlebih ketika memakai safety shoes.

Berdasarkan permasalahan tersebut, sekelompok mahasiswa UGM berhasil mengembangkan sebuah inovasi Insole safety shoes yang dapat mengatasi permasalahan bau kaki akibat pertumbuhan mikroba. Produk tersebut adalah ABBA INSOLE yang merupakan produk insole yang dimodivikasi dengan menambahkan teh Menoreh asli Kulon Progo, DIY. Produk ini dikembangkan oleh Nabila Maharani, Juwita, Nadiya Uswachasanaty, dan Rastra Della Dwitasari dari Sekolah Vokasi serta Muhammad Farrel Alzaina Ghozy dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

“ABBA INSOLE merupakan inovasi insole safety shoes yang dapat mengurangi bau dan mikroba pada kaki dengan menambahkan teh Menoreh di dalam insole.” kata ketua tim pengembang ABBA INSOLE, Nabila saat dihubungi Senin (25/6)

Menurut penelitian, teh hitam kaya akan manfaat bagi kehidupan manusia, seperti penggunaan pada industri toileters dan disposable karena bersifat anti mikroba. Hal ini menjadi lebih unggul dibanding dengan media lain yang hanya dapat menghilangkan bau saja, tetapi tidak bersifat anti mikroba.

“Melihat permasalahan dan peluang berwirausaha, kami menawarkan produk yang solutif yaitu ABBA INSOLE” katanya.

Masyarakat dapat memperoleh ABBA INSOLE dengan harga Rp25.000,-/pasang dengan banyak pilihan ukuran dan warna.

ABBA INSOLE lahir dari Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan UGM dan berhasil lolos mendapatkan dana hibah dari DIKTI.