12 Mahasiswa SV UGM Ikuti Program Beasiswa Global Korean Scholarship di Korea

 

Dua belas mahasiswa Sekolah Vokasi (SV) UGM terpilih mengikuti program beasiswa untuk student exchange di berbagai universitas di Korea Selatan.

“Lewat beasiswa Global Korean Scholarship atau biasa disebut GKS, setiap tahunnya SV berhasil mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti program ini,” ungkap Supriadianto, S.S., M.A., selaku Kaprodi D3 Bahasa Korea.

Program student exchange ini memiliki durasi pendidikan yang berbeda-beda yaitu berkisar antara 6 bulan (satu semester) sampai dengan 1 tahun (dua semester). Fasilitas yang didapatkan para mahasiswa terpilih tersebut cukup menarik, yaitu meliputi bantuan biaya untuk tiket pesawat pulang-pergi, bantuan biaya hidup selama di Korea, biaya pendidikan, gratis tinggal di asrama mahasiswa di dalam kampus, dan mendapat kesempatan belajar budaya Korea.

Rombongan dari 12 Mahasiswa prodi D3 Bahasa Korea tersebut dijadwalkan akan berangkat berama-sama pada tanggal 27 Februari 2017 dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Rata-rata yang lolos program ini adalah mahasiswa Bahasa Korea semester empat dan enam.

“Kita harus mempersiapkan berkas persyaratan sebaik mungkin jika ingin lolos program ini,” ujar Ni Nyoman Resila sebagai perwakilan salah satu mahasiswa yang lolos tahun ini.

Sebelum ke-12 mahasiswa berangkat mewakili SV UGM, Dekan SV UGM Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D dan Kaprodi Bahasa Korea Supriadianto, S.S, M.A didampingi Manager KUI Andri Handayani memberikan pembekalan untuk ke-12 mahasiswa yang akan berangkat (16/02/17).

Wikan menyampaikan untuk terus menjaga komunikasi selama mereka disana, berbagi informasi dan foto tentang kegiatan. Beradaptasi dengan suhu udara dan lingkungan  harus diperhatikan. “Sampai berjumpa kembali di Sekolah Vokasi 6-12 bulan lagi”, tutup Wikan.