Mahasiswa PJ SIG SV UGM Magang di Jerman

irmandaIrmanda Irawati, mahasiswa Pengindraan Jauh dan Sistem Informasi Geografi (PJ SIG) Sekolah Vokasi UGM angkatan 2011 berkesempatan untuk magang di salah satu perusahaan swasta di Jerman.

Irmanda terhitung kontrak magang di perusahaan yang bergerak di bidang perangkat pencatatan waktu dan tracking posisi yang umumnya digunakan untuk kegiatan olahraga dari tanggal 1 Agustus 2014 – 31 Januari 2015. Kemampuan Irmanda dalam bidang Geographic Information System (GIS) membuat perusahaan tersebut mempercayainya bekerja sebagai GIS analyst. Tugasnya sebagai seorang GIS analyst diantaranya adalah membuat peta interaktif pemasukan perusahaan dari berbagai negara yang kemudian dapat dianalisis sebagai evaluasi perusahaan di akhir tahun. Selain itu, Irma juga terlibat dalam perencanaan manajemen marketing perusahaan dengan memetakan peringkat ekonomi di dunia dan faktor lain selain ekonomi yang dapat dijadikan pertimbangan untuk menganalisis target pasar.

 “Hal tersebut lebih mudah untuk di analisis daripada hanya membaca tabel atau deskripsi tentang informasi terkait” Papar Irma.

 Irma juga menyampaikan, bahwa ilmu yang diperoleh selama kuliah di PJ SIG sangat bermanfaat di dunia kerja.

 “Ilmu lain yang saya aplikasikan selama magang disini diantaranya seperti membuat peta informatif menggunakan openlayers tentang kawasan perlombaan yang dapat membantu organizer dan peserta mudah untuk mengetahui lokasi penting di sekitar kawasan perlombaan,” kata Irma yang diwawancarai melalui email.

Disamping itu, Irma juga membantu kegiatan produksi seperti memasang perangkat, cek elektrifitas, cek kelayakan battery untuk kepentingan kontrol alat yang di produksi dan diperkenalkan dengan sistem software perusahaan yang digunakan untuk persiapan sebelum kompetisi dimulai.

Menurut Irma, kesan yang diperoleh selama bekerja di Jerman adalah bahwa setiap individu dituntut untuk bekerja mandiri dan kreatif. Tidak ada training khusus, bagi karyawan baru umumnya langsung diberi arahan untuk melakukan pekerjaan yang ada diperusahaan sesuai dengan kemampuan yang mereka tawarkan kepada perusahaan. Selain itu, seluruh karyawan disana juga memiliki rasa kekeluargaan yang baik, terbukti kerika di hari libur yang penting di Jerman seperti hari natal, seluruh karyawan pergi bersama untuk menonton pertunjukan musikal dan mengunjungi Weinachmarkt yaitu pasar malam yang digelar ketika perayaan natal. Terkadang seluruh karyawan juga duduk di 1 meja untuk sarapan atau makan siang bersama dan membicarakan hal-hal santai seperti lelucon atau sebagainya.