Micro Club, Komunitas Mahasiswa Diploma Teknik Elektro Pecinta Robot

Micro Club DTE SV UGM

Micro Club adalah komunitas dari himpunan mahasiswa Diploma Teknik Elektro (DTE) Sekolah Vokasi UGM, yang menjadi wadah bagi mahasiswa DTE untuk menyalurkan minat dan bakat serta pengembangan pengetahuan teknologi aplikatif dibidang robotika dan embedded system.

Komunitas yang berdiri sejak tahun 2005 ini telah melahirkan generasi-generasi mahasiswa yang ikut menyumbangkan prestasi dalam ajang kontes robot internasional maupun tingkat nasional. Prestasi yang telah diraih diantaranya adalah sebagai Juara 1 International Fire Fighting Trinity College, U.S.A (2013), Juara 1 tingkat nasional roboboat divisi fuel engine (2013), Juara 3 tingkat nasional roboboat divisi autonomus (2013), Juara 3 regional divisi KRSI kontes robot nasional (2014), Juara 1 Line Follower Ebotec tingkat nasional (2011), serta masih banyak lagi partisipasi dalam kontes robot lainnya.

Beberapa anggota dari Micro Club juga ikut berpartisipasi menjadi anggota tim robot UGM, yaitu pada Gadjah Mada Robotic Team 2015, Robot Terbang UGM 2015 dan Roboboat UGM 2014. Beberapa karya yang telah direalisasikan diantaranya adalah robot berkaki, kapal selam, Quad Qoupter, robot beroda, LED Cube 5 x 5 x 5, dot matriks, serta masih banyak lagi.

Iman Mutaqin, mahasiswa DTE angkatan 2013 yang sekaligus menjadi ketua dari tim Micro Club mengaku sangat bersemangat dan optimis bahwa tim Micro Club dapat ikut andil dalam proses pewujudan Sekolah Vokasi yang berprestasi dalam bidang riset dan pengembangan teknologi.

“kami yakin, dengan target dan program kerja yang telah kami susun dapat membawa nama baik Sekolah Vokasi UGM, khususnya dalam bidang riset dan pengembangan teknologi,” kata Iman.

Fahmizal, S.T, M.Sc. selaku dosen pembimbing komunitas Micro Club menyampaikan bahwa komunitas ini mempunyai program kerja yang jelas, diantaranya mengadakan pelatihan secara rutin, mengikuti kontes robot, proses regenerasi dan kaderisasi, hingga mengadakan kegiatan bhakti sosial.

“Tim mikro club sudah memiliki banyak ide, namun sampai saat ini masih terhalang masalah dana dan fasilitas. Harapannya ada perhatian khusus dari Sekolah Vokasi UGM terhadap micro club, sehingga komunitas ini dapat berkembang dan mampu membawa nama baik Sekolah Vokasi dan Univeristas Gadjah Mada pada umumnya ” papar Fahmizal.

Komentar (2)

  1. dian cahya 8 tahun lalu

    Apakah komunitas ini bebas utk umum misal sma atau hanya mahasiswa DTE saja? Kalau hanya utk mahasiswa saja, apakah dpt memberi informasi utk komunitas robotika yg umumbagi anak smp sma. Terimakasih

  2. jiwa mancaka 8 tahun lalu

    permisi kakak, saya dari universitas kuningan teknik informatika diploma.
    apakah saya bisa sharing tentang robotik dengan komunitas ini ?
    dan rencana saya ingin berkunjung ke tempat kakak.