Sandal Simpul, Samulnori dalam simfoni Angklung

sandal simpul 2

Sandal Simpul adalah sebuah unit kegiatan mahasiswa D3 Bahasa Korea, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada yang berdiri pada tahun 2014. Sandal Simpul adalah singkatan dari samulnori dalam simfoni angklung. Unit kegiatan mahasiswa ini adalah unit kegiatan angklung orkes yang berkolaborasi dengan alat musik samulnori (instrumen perkusi Korea) dan berjenis musik Hybrid Instrument. Sandal Simpul merupakan bentuk akulturasi budaya terutama dalam permainan alat musik tradisional antara Korea (samulnori) dengan Indonesia (angklung) yang dimainkan secara harmonis dan mempunyai ciri khas yang seimbang antara budaya Indonesia maupun Korea, sehingga mencerminkan hubungan bilateral antar negara yang harmonis pula.

sandal simpul

Sandal Simpul idealnya dimainkan oleh 45 orang. Terdapat 6 instrumen yang dimainkan dalam Sandal Simpul. 3 instrumen Samulnori (buk, janggu, kwenggari), angklung, gong, dan kolintang. Terdapat juga instrumen tambahan seperti bass beserta vokal. Pemain angklung berjumlah sekitar 35 orang dengan 2-5 orang memegang 1 nada angklung. Ke 6 instrumen tersebut bersinergi untuk menciptakan harmoni musikalisasi yang khas dan tentunya dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Sandal Simpul merupakan unit kegiatan mahasiswa untuk mengembangkan bakat mahasiswa dan sarana untuk mendapatkan banyak pengalaman. Selain memiliki kegiatan latihan rutin, Sandal Simpul kerap dipanggil untuk mengisi acara-acara di dalam maupun luar universitas sebagai pembuka, penutup, maupun pengisi acara. Sandal Simpul pernah tampil di acara-acara yang cukup besar seperti Acara “The Power of Angklung” pada tanggal 4 Juni 2013, acara Car Free Day “Jogja Istimewa” Jl. Jendral Sudirman, Yogyakarta pada tanggal 17 Mei 2015,tanggal 29 Mei 2015 di Acara Dimas Diajeng “Jaka wasis Jaka bodho” 2015, Plaza Pasar Ngasem, Yogyakartadan yang paling terakhir adalah di acara Pembukaan Pusat Studi Tri Sakti- Saemaul Undong di Gedung Pusat Studi Tri Sakti-Saemaul Undong Universitas Gadjah Mada pada tanggal 1 September 2015.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Sandal Simpul, silahkan menghubungi via e-mail : sandalsimpul@gmail.com, Facebook : Sandal Simpul, Twitter / Instagram: @sandalsimpul, atau dapat menghubungi cp: 085725877602 (Ryan), 082329335886 (Rifka)sandal simpul 3