Perkuat Kerjasama, Dekan SV UGM Kunjungi Perusahaan Siemens di Berlin, Jerman

foto-6

Jumat (14/10) Sekolah  Vokasi UGM menerima tamu dari PT. Siemens Indonesia. PT Siemens merupakan sebuah perusahaan elektronik multinasional yang berpusat di Munich dan Berlin Jerman. Pascal Dricot (Head of Factory Automation PT Siemens Indonesia) bersama dengan Yoyok Yudistira Suyono (City Account Manager PT Siemens Indonesia) mengunjungi SV UGM dalam rangka mendesain kerjasama pengembangan SDM tersertifikasi Siemens di bidang Kontrol dan Otomasi Industri, sebagai inisiasi joint program yang mengarah pada realisasi Teaching Industry dan Innovation Center. Wikan Sakarinto, Dekan SV UGM bersama dengan pimpinan SV UGM menyambut baik kunjungan PT Siemens Indonesia serta menyatakan komitmen kuat kedua belah pihak utk saling bekerja sama dan saling mendukung dalam rangka merealisasikan Inovasi Pembelajaran berbasis Industri untuk Pendidikan Tinggi Vokasi di UGM.

Sementara itu, satu minggu selanjutnya (18/10) Dekan SV UGM bergantian mengunjungi PT Siemens yang terletak di Berlin, Jerman. Wikan menyampaikan bahwa hasil dari kunjungannya ke PT Siemens Jerman adalah kesepakatan untuk pendirian Training Center Sertifikasi Siemens (SMSCP) di bidang Kontrol dan Otomasi Industri, dan program sertifikasi kompetensi untuk mahasiswa SV-UGM. Rencana Pendirian TC SMSCP merupakan bagian dari realisasi rencana Strategis Teaching Industry dan Teaching Factory SV-UGM, serta UGM-Siemens Innovation Center di UGM pada masa mendatang.

“Misi ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Jokowi dan Menristekdikti ke Siemens Jerman beberapa waktu yang lalu,” ungkap Wikan.

Wikan juga menambahkan bahwa tujuan dari kunjungan tersebut adalah mengaplikasikan best practices Jerman di dalam mengembangkan pendidikan vokasional yang didukung penuh oleh industri Jerman.

Best Practices dan pengalaman sukses Jerman tersebut agar diadaptasikan dengan pas untuk pendidikan Vokasi di Indonesia,” tambahnya.

MoU dan kontrak kerjasama strategis akan segera ditandatangani, diikuti dengan rencana pengiriman Dosen-Dosen SV UGM ke Berlin untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan selama beberapa minggu. Seiring dengan hal itu, akan dilakukan penguatan kapasitas labotarium-laboratorium di SV-UGM dan melengkapi beberapa equipment dan peralatan training yang dipersyaratkan oleh Siemens. Mahasiswa kelak juga akan dilatih dan diuji serta ketika lulus Ujian akan mendapatkan sertifikat kompetensi Siemens yang worldwide recognised, sehingga bisa berkarir di industri nasional dan internasional, atau berkiprah menjadi entrepreneur level dunia.

Kerjasama ini diharapkan akan semakin memperkuat SV-UGM sebagai rujukan nasional di dalam pengembangan pendidikan tinggi vokasi di Indonesia yang mampu menciptakan SDM unggul, berkompeten dan bermartabat tinggi.